• May 28, 2024

4 Jenis Senam Hamil Yang Bisa Dilakukan di Trimester Pertama!

 4 Jenis Senam Hamil Yang Bisa Dilakukan di Trimester Pertama!

4 Jenis Senam Hamil Yang Bisa Dilakukan di Trimester Pertama!

Ketika hamil, tidak jarang untuk banyak Moms merasa lelah dan malas-malasan. Ini karena tubuh Moms mengalami banyak perubahan hormon, sehingga membuatnya enggan melakukan aktivitas atau banyak bergerak. Namun, penting sekali untuk Moms tetap menjaga kesehatan dengan tetap aktif, terutama bagi Moms yang masih hamil muda.

Untuk membantu Moms, berikut ini adalah 4 jenis senam hamil yang dapat dilakuakn di Trimester Pertama!

Yoga

Senam Hamil

Yoga termasuk sebagai salah satu senam hamil yang mudah untuk dilakukan banyak Moms saat masih hamil muda. Selain membantu memperkuat otot, yoga juga dapat membantu mengurangi tekanan darah, meningkatkan keseimbangan, melatih pernapasan, dan meredakan stres. Beberapa pose yoga yang aman untuk dilakukan pada trimester pertama termasuk Pose Downward-Facing Dog, Cat-Cow Pose, Tree Pose, dan Child’s Pose. Moms cukup melakukan yoga selama 30 menit setiap minggu selama hamil.

Senam Kegel

Senam Hamil

Banyak ibu hamil mungkin sudah pernah dengar tentang senam Kegel. Senam ini termasuk sebagai salah satu jenis senam hamil yang tidak hanya aman untuk dilakukan, tapi juga dapat membantu melancarkan proses persalinan. Senam Kegel dapat bantu memperkuat otot panggul menjadi lebih kuat dan elastis, sehingga membantu melancarkan proses persalinan dan meminimalisir rasa sakit saat melahirkan. Senam Kegel juga dapat dilakukan Moms kapan saja dan di mana saja, karena tidak memerlukan peralatan khusus.

Baca Juga: 5 Tips Yang Perlu Diketahui Agar Ibu Hamil Tetap Sehat!

Berjalan Kaki

Senam Hamil Trimester Pertama

Berjalan kaki termasuk sebagai salah satu senam hamil yang ringan dan sangat aman untuk dilakukan selama trimester pertama kehamilan. Berjalan kaki rutin dapat bantu meningkatkan sirkulasi darah, menjaga kesehatan jantung, dan membantu menjaga berat badan ideal Moms supaya tetap sehat. Jangan lupa untuk memilih rute yang tidak terlalu jauh dan pastikan untuk memilih sepatu yang nyaman saat melakukan olahraga ini.

Senam Air

Melakukan senam air atau berenang mempunyai banyak efek positif terhadap tubuh ibu hamil. Selain dapat mengurangi stres pada otot ibu hamil dan meningkatkan stamina, berenang juga efektif dalam mengurangi pembengkakan yang mungkin dialami banyak ibu hamil pada trimester pertama. Selain itu, berenang juga termasuk sebagai aktivitas yang sangat aman karena tidak memiliki risiko cedera akibat jatuh seperti senam atau olahraga lainnya.

Itulah 4 senam hamil yang bisa dilakukan di trimester pertama! Ingat untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai program senam atau olahraga baru selama kehamilan untuk memastikan bawa Moms tetap sehat dan aman. 

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri