• May 27, 2024

4 Mitos Dan Fakta Kehamilan Yang Perlu Diketahui Ibu Hamil!

 4 Mitos Dan Fakta Kehamilan Yang Perlu Diketahui Ibu Hamil!

4 Mitos Dan Fakta Kehamilan Yang Perlu Diketahui Ibu Hamil!

Selama kehamilan, moms pasti tidak jarang mendengar berbagai mitos kehamilan. Namun, moms perlu waspada karena banyak dari mitos yang disebar berbeda dari faktanya.

Untuk menghindari kebingungan, berikut ini adalah 4 mitos dan fakta kehamilan yang perlu diketahui ibu hamil!

Mitos Dan Fakta Kehamilan

Morning Sickness Hanya Terjadi di Pagi Hari

Walaupun namanya ‘morning sickness,’ faktanya adalah mual atau muntah dapat terjadi kapan saja untuk ibu hamil. Maupun pagi atau malam hari. Morning sickness diketahui sebagai kondisi yang terjadi pada sekitar 70-80% ibu hamil dan biasanya dapat hilang dengan sendirinya. Moms juga dapat mengatasi gejala morning sickness dengan aroma terapi, pijatan, dan minum teh atau jahe hangat.

Ibu Hamil Makan Untuk Dua Orang

Berikut, banyak masyarakat Indonesia masih percaya bahwa ibu hamil butuh makan jauh lebih banyak daripada biasanya karena butuh makan untuk porsi dua orang. Namun, hal ini  tidak benar adanya. Faktanya adalah ibu hamil tidak butuh makan dua porsi orang dewasa, namun hanya butuh makan 300-450 kalori tambahan setiap harinya. Ibu hamil juga perlu berhati-hati tidak makan terlalu banyak karena ini juga dapat berdampak buruk pada tubuh ibu mengandung dan bayinya.

Tidak Boleh Berolahraga Saat Hamil

Beberapa orang mungkin pikir bahwa ibu hamil tidak boleh berolahraga karena beresiko cedera atau tidak sehat untuk janin. Namun, hal ini tidak sepenuhnya benar. Faktanya, ibu hamil disarankan oleh dokter untuk melakukan beberapa olahraga ringan seperti yoga, berenang, dan berjalan untuk tetap aktif dan sehat. Berolahraga tidak hanya membantu ibu hamil tetap aktif tapi juga dapat membantu mengelola kenaikan berat badan sehingga persalinan menjadi lebih lancar.

Mitos Dan Fakta Kehamilan

Baca Juga: Ingin Melancarkan Persalinan? Lakukan 5 Senam Ibu Hamil Ini!

Makanan Pedas Picu Kontraksi

Mitos terakhir adalah bahwa ibu hamil tidak boleh makan makanan yang pedas karena dapat mempercepat kontraksi. Hal ini  hanya mitos belaka. Hingga sekarang, masih belum ada penelitian yang menemukan bahwa makanan pedas menyebabkan kontraksi lebih cepat. Namun, ibu hamil tetap disarankan untuk tidak sering makan yang pedas karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan hingga diare.

Demikian, itulah 4 mitos dan fakta kehamilan yang perlu diketahui ibu hamil! Ingat untuk selalu cek faktanya sebelum percaya kata orang ya, Moms!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri