• May 28, 2024

5 Manfaat Senam Hamil Yang Perlu Moms Ketahui!

 5 Manfaat Senam Hamil Yang Perlu Moms Ketahui!

5 Manfaat Senam Hamil Yang Perlu Moms Ketahui!

Masa kehamilan memang sering membuat tubuh banyak ibu hamil menjadi cepat lelah. Karena itu, banyak Moms yang hamil ingin bermalas-malasan dan ingin terus berbaring santai baik di sofa maupun tempat tidur.

Namun, penting sekali untuk ibu hamil tetap berolahraga dan melakukan aktivitas fisik secara teratur. Yuk, Moms! Kenali 4 manfaat senam hamil di artikel ini!

Memperlancar Persalinan

Sering melakukan senam hamil secara konsisten dapat membantu mempersiapkan tubuh dan otot-otot Moms untuk persalinan sehingga proses melahirkan menjadi lebih lancar. Beberapa senam dapat membantu menjaga elastisitas otot dinding perut, otot panggul, dan otot paha bagian dalam moms, sehingga memudahkan proses persalinan. Selain itu, melakukan senam secara konsisten dapat melatih mengatur pernapasan yang akan menjadi hal yang bermanfaat saat waktunya melahirkan.

Meningkatkan Kesehatan Jantung Bayi Saat Lahir

Senam hamil juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah di tubuh, termasuk aliran darah ke plasenta. Karena ini, sering melakukan senam dan aktivitas fisik dapat membantu mendukung kesehatan jantung ibu dan bayi. Sebuah penelitian pun menemukan bahwa ibu hamil yang rajin olahraga dapat membantu menurunkan denyut jantung pada usia 36 minggu kehamilan, sehingga bayi menjadi lebih sehat saat lahir.

Senam Hamil

Baca Juga: 5 Tips Yang Perlu Diketahui Agar Ibu Hamil Tetap Sehat!

Mencegah Risiko Komplikasi

Melakukan senam atau olahraga saat hamil, mau itu saat trimester 1 ataupun trimester 3 dapat memberi banyak manfaat dalam menjaga kesehatan tubuh ibu dan janin. Ini membantu mengurangi risiko komplikasi yang dapat terjadi selama kehamilan dan proses persalinan. Dengan melakukan aktivitas fisik secara rutin selama hamil, Moms dapat menurunkan risiko darah tinggi dan diabetes gestasional.

Memperbaiki Kualitas Tidur

Kehamilan seringkali mengakibatkan Moms untuk mengalami kesulitan tidur atau tidur yang kurang nyenyak. Namun, sering melakukan senam saat hamil dapat membantu meredakan stres dan ketegangan tubuh, sehingga membantu memperbaiki kualitas tidur Moms. Melakukan senam seperti yoga dan berjalan dapat membantu relaksasi otot tubuh ibu hamil dan membantu membuatnya lebih mudah untuk tertidur.

Tipe Senam Yang Aman Dilakukan Per Trimester

Senam dan aktivitas fisik yang dapat dilakukan dalam setiap trimester tentunya berbeda. Ini karena pada trimester kedua dan ketiga, tubuh Moms akan mengalami banyak perubahan sehingga membatasi senam dan gerakkan yang dapat dilakukan. Karena itu, kami sarankan Moms untuk cari tahu senam hamil yang tepat dan aman dilakukan untuk trimester pertama, trimester dua, dan trimester tiga.

Demikian, itulah 4 manfaat senam hamil yang perlu Moms ketahui! Semoga membantu, Moms!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri