• May 28, 2024

5 Senam Hamil Yang Aman Untuk Trimester Tiga!

 5 Senam Hamil Yang Aman Untuk Trimester Tiga!

5 Senam Hamil Yang Aman Untuk Trimester Tiga!

Pada trimester tiga kehamilan, penting sekali untuk Moms tetap aktif melakukan olahraga supaya tubuh tetap sehat dan siap untuk proses persalinan. Namun, tentunya melakukan aktivitas fisik saat hamil trimester tiga tidak merupakan hal yang mudah. Moms butuh tetap berhati-hati agar tidak cedera, dan tidak dapat lincah seperti dulu akibat perubahan tubuh.

Tapi jangan khawatir! Berikut ini adalah 5 jenis senam hamil yang aman untuk Moms lakukan selama trimester tiga!

Prenatal Yoga

Senam Hamil Trimester Tiga

Prenatal yoga merupakan senam hamil yang dapat membantu Moms memperkuat otot, mengatur pernapasan, dan meredakan stres. Selain itu, senam ini juga dapat membantu meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan tubuh. Ada berbagai macam pose yoga yang dapat Moms melakukan selama trimester tiga, sehingga membantu mempersiapkan otot Moms untuk persalinan dalam cara yang aman dan nyaman.

Wall Pushup

Wall push-up merupakan jenis gerakan push-up yang dapat Moms melakukan sambil berdiri dan bertumpu pada dinding. Untuk melakukan senam ini, Moms hanya butuh melakukan aksi push-up dengan tumpukan telapak tangan pada dinding dan mencondongkan tubuh ke depan hingga mendekati dinding. Ini dapat membantu Moms menguatkan otot lengan, dada, dan punggung secara aman tanpa membebankan tubuh Moms secara berlebihan.

Posisi Jongkok

Gerakan jongkok atau deep squat merupakan senam hamil yang membantu Moms memperkuat semua otot yang dibutuhkan selama proses persalinan. Selain itu, gerakan jongkok juga dapat meregangkan bagian perineum sehingga membuat bayi lebih mudah untuk masuk ke jalan lahir. Ini tidak hanya membuat proses persalinan berjalan dengan lebih lancar, tapi juga akan mengurangi rasa nyeri saat melahirkan.

Baca Juga: Ibu Hamil Wajib Tahu! 4 Tips Melahirkan Normal Dengan Lancar!

Pose Kucing

Senam Hamil Trimester Tiga

Senam ini dapat disebut sebagai pose kucing atau yoga Kucing-Sapi. Untuk melakukan gerakan ini, Moms butuh berlutut, tarik napas, lalu lengkungkan punggung dan tekuk dagu ke arah perut seperti kucing yang membungkuk. Setelah itu, buang nafas dan kembali lagi seperti posisi utama secara perlahan. Senam ini dapat membantu meredakan ketegangan di area punggung dan merangsang pinggul, mempersiapkan tubuh Moms untuk persalinan.

Angkat Beban

Ibu hamil masih dapat mengangkat beban loh, Moms! Selama trimester tiga, masih aman untuk Moms mengangkat beban yang ringan dan sesuai kemampuan tubuh Moms. Ini merupakan olahraga yang dapat membantu memperkuat otot-otot tubuh secara keseluruhan. Pastikan saja untuk menggunakan beban yang ringan, dan hindari mengangkat beban yang berat secara berlebihan.

Itulah 5 senam hamil yang aman untuk dilakukan saat trimester tiga! Ingat untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai program senam atau olahraga selama hamil!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri