• May 27, 2024

5 Tips Yang Perlu Diketahui Agar Ibu Hamil Tetap Sehat!

 5 Tips Yang Perlu Diketahui Agar Ibu Hamil Tetap Sehat!

5 Tips Yang Perlu Diketahui Agar Ibu Hamil Tetap Sehat!

Setiap ibu hamil tentu ingin bayinya lahir dengan sehat. Salah satu caranya adalah dengan memastikan Bumil menjaga kesehatan selama kehamilan. Penting sekali untuk Moms menjaga kesehatan fisik maupun emosional agar janin dapat bertumbuh dan berkembang secara optimal di dalam kandungan.

Untuk membantu Moms, berikut ini adalah 5 tips yang perlu diketahui agar ibu hamil tetap sehat!

Konsumsi Makanan Bergizi

Saat hamil, Moms perlu perhatikan asupan nutrisi. Pastikan Moms mengonsumsi makanan yang bergizi dan kaya akan nutrisi seperti buah-buahan, sayuran, dan protein dari daging atau ikan. Penting juga untuk memperbanyak asupan zat besi, asam folat, kalsium, dan vitamin D yang penting untuk kesehatan tubuh hamil dan perkembangan janin. Selain itu, ibu hamil juga butuh makan 350 hingga 450 kalori lebih dari biasanya untuk membantu pertumbuhan janin, jadi pastikan Moms makan yang cukup, ya!

Tetap Aktif

Untuk ibu hamil tetap sehat, penting sekali untuk tetap aktif secara fisik. Aktivitas fisik secara teratur hamil dapat membantu menjaga kesehatan jantung, meningkatkan sirkulasi darah, dan bantu mengelola berat badan selama kehamilan. Sehingga proses persalinan pun akan berjalan dengan lebih lancar. Ahli sarankan ibu hamil untuk sering melakukan aktivitas ringan seperti berjalan, berenang, dan yoga. Namun, hindari olahraga intensitas tinggi yang dapat mengakibatkan cedera.

Konsumsi Vitamin

Selain konsumsi makanan sehat, ibu hamil juga butuh mengonsumsi suplemen vitamin yang sering direkomendasikan oleh dokter dan ahli. Suplemen-suplemen ini biasanya mengandung asam folat, zat besi, kalsium, dan vitamin D yang akan mendukung perkembangan janin dan menjaga kesehatan ibu hamil. 

Ibu Hamil Tetap Sehat

Baca Juga: Inilah Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil Yang Ideal!

Tidur Yang Cukup

Istirahat yang cukup juga penting untuk ibu hamil tetap sehat. Kami sarankan Moms untuk tidur minimal 7 hingga 8 jam setiap malam dan gunakan bantal khusus ibu hamil. Ini akan mendukung posisi tidur yang nyaman selama kehamilan sehingga Moms dapat tidur dengan nyenyak. Jika ada waktu luang, ibu hamil juga disarankan untuk tidur siang selama 1 hingga 2 jam sehari.

Hindari Stres

Stres dapat berdampak negatif tidak hanya pada kesehatan ibu hamil tapi juga pada janin dalam kandungan. Karena itu, kami sarankan Moms untuk hindari stres dan cari cara untuk mengurangi rasa stres selama hamil. Beberapa cara untuk mengurangi stres termasuk bermeditasi, menjalankan hobi, dan melakukan yoga. Bagi Moms yang merasa stres atau cemas selama kehamilan, jangan ragu untuk mencari dukungan dari pasangan dan keluarga!

Demikian, itulah 5 tips yang perlu diketahui agar ibu hamil tetap sehat! Walaupun tips tersebut mungkin sederhana, penting sekali untuk diikuti karena mempunyai pengaruh besar terhadap kesehatan tubuh Moms dan pertumbuhan janin. 

Semoga lima tips ini membantu!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri