• May 28, 2024

Inilah 5 Senam Hamil Untuk Melancarkan Persalinan!

 Inilah 5 Senam Hamil Untuk Melancarkan Persalinan!

Inilah 5 Senam Hamil Untuk Melancarkan Persalinan!

Bagi Ibu hamil, penting sekali untuk tetap aktif untuk menjaga kesehatan tubuh Mom dan janin dalam kandungan. Tetap aktif dan sering berolahraga selama kehamilan juga dapat membantu Moms membuat proses persalinan menjadi jauh lebih mudah, lancar dan mengurangi rasa sakit.

Karena itu, berikut ini adalah 5 gerakan senam hamil yang dapat Moms ikuti untuk membantu melancarkan proses persalinan!

Pose Kupu-Kupu

 

Senam Hamil

Pose Kupu-kupu merupakan gerakan senam hamil yang sangat cocok untuk dilakukan oleh ibu hamil trimester akhir. Gerakan senam ini merupakan gerakan prenatal yoga yang dapat membantu membuka dan memperkuat otot panggul. Selain itu, pose kupu-kupu juga dapat membantu melenturkan punggung bawah dan meringankan ketegangan pada area panggul Moms. Caranya, Moms hanya butuh duduk di lantai dengan posisi sila dan punggung tegak. Kemudian, menyatukan kedua telapak kaki di depan dan dorong lutut ke lantai. Tahan posisi ini selama 10 – 20 detik dan ulangi beberapa kali sehari.

Senam Kegel

Senam Hamil

Senam Kegel merupakan salah satu senam hamil yang paling efektif dalam membantu melancarkan persalinan. Ini karena tujuan dari gerakan ini adalah untuk memperkuat otot panggul bagian bawah, sehingga membantu Moms dapat mengontrol otot-otot tersebut selama proses persalinan. Cara melakukan senam ini, Moms butuh berbaring lurus di lantai lalu tarik otot-otot panggul dan tahan seperti sedang menahan buang air kecil. Tahan selama 3 detik, lalu ulangi gerakan ini 10 hingga 15 kali sehari secara rutin.

Senam Birth Ball / Yoga Ball

Senam Hamil

Birth Ball, atau Yoga Ball, sangat bermanfaat dalam membantu Moms memperkuat otot-otot perut, paha, panggul, dan punggung, serta meningkatkan fleksibilitas. Caranya, Moms hanya butuh duduk di atas Birth Ball dan goyangkan panggul ke depan, belakang, dan dalam lingkaran. Ulangi gerakan tersebut setidaknya 10 kali sehari secara rutin. Selain membantu memperkuat otot dan mempersiapkan tubuh Moms untuk proses persalinan, senam ini juga dapat membantu mempercepat terjadinya kontraksi.

Baca Juga: Penting! 6 Hal Yang Harus Dihindari Ibu Hamil!

Deep Squat / Jongkok

Senam Hamil

Posisi deep squat atau jongkok sangat bermanfaat untuk melatih otot sekitar paha dan panggul, sehingga membantu melancarkan proses persalinan. Untuk melakukan senam ini, Moms butuh melakukan posisi jongkok, berdiri dengan kaki lebih lebar dari pinggul. Lalu, secara perlahan, jongkok sejauh yang bisa dilakukan dengan punggung tetap tegak lurus dan kedua tangan di pinggul. Tahan posisi tersebut selama beberapa detik dan ulangi sekitar 10 hingga 15 kali.

Berenang

Senam Hamil

Jika Moms memiliki akses ke dalam kolam renang, maka berenang merupakan salah satu olahraga yang aman dan efektif untuk ibu hamil. Berenang tidak hanya membantu mengurangi beban pada tubuh Moms, tapi juga membantu melatih otot tangan, kaki, paha, hingga otot pinggang. Selain itu, berenang juga dapat membantu Moms untuk menurunkan berat badan dengan mudah, sehingga menurunkan risiko komplikasi saat proses persalinan.

Itulah 5 gerakan senam hamil untuk memperlancarkan proses persalinan! Selamat mencoba, Moms!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri