• May 28, 2024

Inilah 3 Alasan Ibu Hamil Wajib Hindari Kafein!

 Inilah 3 Alasan Ibu Hamil Wajib Hindari Kafein!

Inilah 3 Alasan Ibu Hamil Wajib Hindari Kafein!

Secankir kopi setiap hari adalah batasan yang normal untuk dikonsumsi ibu hamil. Namun, Mama dan Papa perlu tahu bahwa mengonsumsi terlalu banyak kafein selama hamil dapat menimbulkan beberapa dampak negatif pada janin dan badan Mama, lho! Karena itu, sangat penting untuk Mama dan Papa tahu risiko dari mengonsumsi terlalu banyak kafein dan kadar maksimal kafein yang boleh dikonsumsi Mama selama hamil!

Yuk! Simak 3 alasan ibu hamil wajib hindari kafein!

Meningkatkan Risiko Bayi Lahir Prematur

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa mengonsumsi terlalu banyak kafein dapat menyebabkan bayi lahir prematur ataupun lahir dengan berat badan yang jauh lebih rendah daripada normal. Ini karena kafein dapat diserap dengan sangat mudah ke plasenta sehingga mengurangi suplai darah ke janin dan menghambat pertumbuhannya. Selain itu, mengonsumsi terlalu banyak kafein selama hamil juga dapat meningkatkan risiko bayi lahir dengan kelainan fisik maupun mental.

Meningkatkan Risiko Keguguran

Ahli juga menemukan bahwa para ibu hamil yang mengonsumsi lebih dari 200mg kafein setiap hari jauh lebih sering mengalami keguguran dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi kafein sama sekali. Jadi kami sarankan untuk membatasi konsumsi kafein agar bayi dapat lahir dengan sehat ya, parents!

Alasan Ibu Hamil Wajib Hindari Kafein

Baca Juga: Inilah 7 Makanan Yang Wajib Dihindari Ibu Hamil!

Meningkatkan Risiko Anemia Pada Mama

Selain itu, mengonsumsi terlalu banyak kafein selama hamil juga dapat berdampak negatif pada badan ibu hamil lho! Salah satu alasan ibu hamil wajib hindari kafein adalah karena kafein dapat meningkatkan risiko Mama mengalami anemia, atau penyakit kurang darah. Ini karena kafein dapat memengaruhi kemampuan tubuh menyerap zat besi sehingga Mama kekurangan darah dan janin tidak dapat bertumbuh kembang dalam kandungan Mama dengan baik.

Takaran Kopi yang Ideal untuk Ibu Hamil

Nah, sekarang sudah tahu alasan ibu hamil wajib hindari kafein, jadi berapa kadar maksimal kafein yang sebenarnya Mama boleh konsumsi selama hamil?

Jawabannya adalah kurang dari 200 mg sehari atau setara 2 cangkir kopi instan. Selain kopi, Mama juga harus waspadai teh, minuman berenergi, dan cokelat karena semua minuman dan makanan tersebut juga mengandung kafein, ya!

Demikian, itulah 3 alasan ibu hamil wajib hindari kafein! Bagaimana Mama dan Papa? Walaupun para ahli menyarankan Mama untuk tidak mengonsumi lebih dari 200mg kafein per hari, lebih disarankan lagi untuk tidak minum kafein sama sekali supaya memaksimalkan kesehatan janin!

Semangat Mama!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri