• May 28, 2024

Inilah 7 Makanan Yang Wajib Ibu Hamil Hindari!

 Inilah 7 Makanan Yang Wajib Ibu Hamil Hindari!

Inilah 7 Makanan Yang Wajib Ibu Hamil Hindari!

Nutrisi adalah hal yang sangat penting bagi semua wanita hamil. Namun, ada beberapa makanan sehari-hari yang justru dapat membahayakan kesehatan janin. Karena itu, Moms perlu lebih teliti dalam memilih makanan yang dikonsumsi dan waspadai makanan yang bisa berdampak negatif pada janin!

Yuk, parents! Simak 7 makanan yang wajib ibu hamil hindari!

Ikan Mentah

Bagi para ibu hamil yang suka makan makanan dengan ikan mentah seperti sushi, lebih baik untuk hindari dulu ya. Ini karena seafood mentah atau yang dimasak setengah matang terkadang masih terdapat cacing parasit atau bakteri yang dapat meningkatkan risiko ibu hamil dan janin mengalami infeksi. Jika terkena infeksi oleh parasit dari ikan mentah, bayi berisiko mengalami berbagai macam masalah saat lahir, seperti kerusakan mata dan otak, hingga cacat intelektual.

Telur Setengah Matang

Telur rebus atau telur mata sapi yang hanya setengah matang termasuk sebagai salah satu makanan yang wajib dihindari ibu hamil. Ini karena telur setengah matang masih dapat mengandung bakteri Salmonella aktif. Bakteri Salmonella dapat menyebabkan infeksi cairan ketuban, dan meskipun jarang terjadi, juga dapat menyebabkan lahir prematur atau keguguran. Sebaiknya masak telur hingga matang sepenuhnya ya, Moms!

Daging Atau Steak Setengah Matang

Daging sendiri tidak masalah untuk dimakan ibu hamil, selama dagingnya dimasak hingga matang dengan sempurna. Sama seperti ikan mentah, daging yang hanya setengah matang berisiko mengandung bakteri dan parasit yang dapat menimbulkan infeksi serius pada Moms dan janin. 

Makanan Ibu Hamil Hindari

Baca Juga: 5 Senam Hamil Yang Aman Untuk Trimester Tiga!

Kafein Berlebihan

Bagi para Moms yang suka minum secangkir kopi setiap pagi, kami sarankan untuk mengurangi konsumsi kafeinnya. Ini karena kafein dapat diserap dengan cepat ke dalam plasenta dan mengganggu perkembangan janin. Jika dikonsumsi secara berlebihan, kafein bahkan bisa menyebabkan keguguran lho Moms! Selain kopi, kafein juga terdapat dalam teh dan minuman berenergi. Jadi waspadai tiga minuman berkafein ini, ya!

Jeroan Daging

Pada dasarnya, jeroan mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang sehat untuk badan wanita. Namun, jeroan juga mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Jika dikonsumsi terlalu banyak, vitamin A justru dapat mengganggu pertumbuhan janin hingga menyebabkan kelainan bawaan. Karena itu, lebih baik untuk ibu hamil hindari makanan jeroan seperti hati ayam, hati sapi, jantung ayam, dan lainnya.

Ikan Tinggi Merkuri

Tidak hanya ikan mentah, Moms juga harus waspadai ikan dan seafood lain yang bermerkuri tinggi, seperti ikan tuna, hiu, tenggiri, dan kerang! Jika dikonsumsi secara berlebihan, merkuri dapat menyebabkan ibu hamil mengalami gangguan saraf dan ginjal. Selain itu, merkuri juga dapat menyebabkan janin mengalami kecatatan dan gangguan pertumbuhan.

Alkohol

Alkohol adalah minuman yang sangat wajib dihindari ibu hamil! Meski dalam jumlah kecil, mengonsumsi alkohol dapat mengganggu perkembangan bayi hingga menyebabkan fetal alcohol syndrome lho! Selain itu, alkohol juga meningkatkan risiko keguguran dan kematian di dalam kandungan. Jadi kami sarankan untuk tidak mengonsumsi alkohol sama sekali ya, Moms!

Demikian, itulah 7 makanan yang wajib ibu hamil hindari. Pastikan Moms hindari semua makanan tersebut saat hamil untuk memaksimalkan kesehatan badan Moms dan janin ya.

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri