• May 28, 2024

Inilah Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil Yang Ideal!

 Inilah Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil Yang Ideal!

Inilah Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil Yang Ideal!

Ketika seorang wanita hamil, wajar dan penting sekali untuk mengalami kenaikan berat badan. Hal ini mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan. Namun, beberapa Moms baru mungkin merasa bingung dalam mengetahui berat badan yang ideal selama hamil.

Jangan khawatir! Berikut ini adalah beberapa informasi penting yang perlu diketahui mengenai berat badan ibu hamil yang ideal dan tips cara menaikkan berat badan secara sehat saat hamil!

Kalkulasi Kenaikan Berat Badan Sesuai IMT

Mengutip Mayo Clinic, ibu hamil dapat mengetahui berat badan ideal selama kehamilan melalui Body Mass Index (BMI) atau Indeks Massa Tubuh (IMT). 

  • Bagi Moms yang memiliki berat badan rendah (IMT <18.5), sebelum kehamilan, disarankan menaikkan berat badan sekitar 13−18 kg.
  • Bagi Moms yang memiliki berat badan normal (IMT 18.5 – 24.9), disarankan untuk menaikkan berat badan 11 – 16 kg.
  • Bagi moms yang memiliki berat badan tergolong obesitas (IMT >30), disarankan untuk hanya menaikkan berat badan 5 hingga 9 kg.

Berat Badan Ibu Hamil

Baca Juga: Waspada! Ini 4 Tanda Bahaya Kehamilan Yang Perlu Diketahui!

Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil yang Normal Setiap Trimester

  • Trimester Pertama (0-13 minggu): Pada trimester pertama, kenaikan berat badan biasanya hanya sekitar 1 – 2.5 kg. Ini adalah tahap awal kehamilan di mana janin masih dalam tahap perkembangan awal dan masih sangat kecil.
  • Trimester Kedua (14-27 minggu): Pada trimester kedua, kenaikan berat badan yang sehat adalah sekitar 5.4 – 6.3 kg. Pada tahap ini, janin tumbuh lebih cepat dan membutuhkan jauh lebih banyak nutrisi.
  • Trimester Ketiga (28 minggu hingga persalinan): Pada trimester ketiga, kenaikan berat badan yang sehat adalah sekitar 3.5 – 4.5 kg.

Tips Sehat untuk Menaikkan Berat Badan Selama Kehamilan:

  • Pastikan Moms sering mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, seperti buah-buahan, sayuran, protein, biji-bijian, dan produk susu rendah lemak.
  • Hindari makanan olahan yang tinggi gula dan lemak jenuh.
  • Minumlah air yang cukup setiap hari untuk menjaga hidrasi tubuh dan membantu pencernaan.
  • Lakukan olahraga ringan atau kegiatan fisik yang disarankan oleh dokter, seperti yoga, berjalan, ataupun berenang. Aktivitas fisik yang teratur dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah.
  • Perhatikan porsi makan. Hindari makan berlebihan atau terlalu sedikit. Tidak perlu makan untuk dua orang, tetapi pastikan Moms mendapatkan nutrisi dan kalori yang cukup.

Itulah semua informasi seputar berat badan ibu hamil yang ideal dan tips menaikkan berat badan secara sehat. Ingatlah bahwa tujuan utama adalah memastikan kesehatan tubuh Moms dan janin selama proses kehamilan.

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri