• May 28, 2024

Mengenal Apa Itu Baby Blues Serta Gejalanya!

 Mengenal Apa Itu Baby Blues Serta Gejalanya!

Mengenal Apa Itu Baby Blues Serta Gejalanya!

Kehadiran bayi baru tentunya merupakan momen yang penuh kegembiraan untuk banyak keluarga. Namun, tidak jarang untuk beberapa Moms baru mengalami syndrome Baby Blues untuk beberapa minggu pertama setelah melahirkan.

Sebenarnya, apa itu Baby Blues syndrome dan apa saja gejalanya? Yuk, simak informasi lengkapnya di sini!

Apa Itu Baby Blues?

Baby Blues syndrome merupakan perubahan suasana hati yang dialami oleh banyak wanita di masa-masa awal setelah melahirkan. Menurut beberapa ahli, syndrome ini merupakan kondisi yang umum dan dapat dialami oleh sekitar 80% orang tua baru. Meskipun belum ada alasan tepat mengenai penyebabnya, beberapa ahli ungkap bahwa perubahan hormon yang terjadi pada tubuh Moms selama kehamilan dan setelah persalinan menjadi salah satu penyebab Baby Blues syndrome. Selain itu, baby blues juga mungkin terjadi akibat stres yang dialami Moms selama mengasuh bayi baru lahir. 

Menurut para dokter, baby blues umumnya memburuk pada hari ke 2 hingga 4 setelah melahirkan, dan dapat berlangsung selama beberapa minggu. Namun, gejala baby blues biasanya akan mereda seiring waktu.

Gejala Baby Blues

    • Kesedihan & Menangis Tanpa Alasan: Salah satu gejala yang paling sering dilihat dalam Moms yang mengalami baby blues adalah kesedihan dan kemurungan yang dapat menyebabkannya menangis terus-menerus.
    • Mood yang Tidak Stabil: Moms yang mengalami baby blues juga sering mengalami mood swings, sehingga mudah marah dan tersinggung.
    • Kecemasan: Baby blues juga dapat menyebabkan Moms merasa cemas dan khawatir berlebihan.
    • Kesulitan Tidur: Ketidakseimbangan hormon dalam tubuh Moms yang mengalami baby blues juga dapat menyebabkannya mengalami kesulitan untuk tertidur, meskipun mereka merasa lelah.
    • Hilang Nafsu Makan

Apa Itu Baby Blues

Baca Juga: Bayi Tidak Mau Minum Susu Dari Dot Atau Botol? Ini 5 Alasan Kenapa!

Baby Blues vs. Postpartum Depression

Penting untuk parents tahu bahwa baby blues merupakan kondisi yang berbeda dari Postpartum Depression (PPD). Meskipun gejalanya hampir sama, perbedaan terbesar antara baby blues dan depresi postpartum adalah intensitas dan durasi gejalanya. Pada umumnya, gejala baby blues akan mereda secara sendiri dalam beberapa minggu setelah melahirkan. Namun, untuk depresi postpartum, gejalanya akan berlangsung untuk lebih dari 3 minggu.

Demikian, itulah informasi lengkap seputar apa itu baby blues, gejalanya, dan perbedaan antara baby blues dan depresi postpartum. Jika Moms mengalami beberapa gejala tersebut, kami sarankan untuk segera berkonsultasi dengan ahli ya!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri