• May 27, 2024

Penting! 6 Hal Yang Harus Dihindari Ibu Hamil!

 Penting! 6 Hal Yang Harus Dihindari Ibu Hamil!

Penting! 6 Hal Yang Harus Dihindari Ibu Hamil!

Kehamilan seringkali merupakan momen spesial dan penting bagi banyak wanita. Namun, dengan kehamilan terdapat banyak pantangan yang perlu diperhatikan dan dijauhi untuk menjaminkan badan ibu dan bayi tetap sehat selama ibu hamil.

Dari beberapa macam makanan dan minuman hingga aktivitas, yuk simak 6 hal yang harus dihindari ibu hamil!

  1. Merokok dan Paparan Asap Rokok

Merokok ataupun terpapar asap rokok mempunyai dampak yang sangat buruk bagi ibu hamil. Ini karena rokok mengandung nikotin dan zat zat berbahaya yang dapat masuk ke dalam aliran darah dan dapat menyebabkan komplikasi yang serius, termasuk mengganggu pertumbuhan bayi, pecahnya air ketuban, dan keguguran.

  1. Konsumsi Alkohol

Alkohol harus dihindari ibu hamil! Konsumsi alkohol selama hamil dapat menyebabkan meningkatkan risiko cacat janin, baik itu cacat tubuh ataupun mental. Selain itu, konsumsi alkohol selama hamil juga dapat meningkatkan risiko “Fetal Alcohol Syndrome.”

  1. Konsumsi Kafein Berlebihan

Bagi para Mama yang suka minum kopi setiap pagi, harus waspada! Kafein dapat diserap dengan mudah oleh plasenta yang mengalirkan darah ke janin, maka terlalu banyak kafein dapat mendampak pertumbuhan janin.

  1. Makan Sembarangan

Para ibu hamil disarankan un tuk menghindari beberapa macam makanan, termasuk makanan yang mentah seperti daging, telur, ikan mentah, serta sayuran mentah, hingga buah durian dan nanas.

harus dihindari ibu hamil 2

  1. Stres

Stres dapat menimbulkan beberapa masalah pada ibu yang hamil. Selain meningkatkan risiko keguguran, stres juga dapat mengurangi asupan oksigen dan nutrisi untuk janin. Karena itu, ibu hamil disarankan untuk kurangi stres sehari-hari.

  1. Aktivitas Berlebihan

Walaupun ibu hamil disarankan untuk tetap aktif selama kehamilan, melakukan aktivitas berlebihan justru dapat mempunyai dampak negatif lho! Beberapa aktivitas berat yang perlu dihindari ibu hamil termasuk mengangkat beban berat, melakukan olahraga intensif, dan bersepeda. Aktivitas yang “high-impact” seperti ini dapat berisiko menyebabkan kontraksi ataupun cedera pada perut.

Itulah 6 hal yang harus dihindari ibu hamil! Bagaimana, Mama dan Papa? Semoga informasi tersebut dapat membantu dalam membuat kehamilan Mama lebih lancar dan bayi tetap sehat!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri