• May 28, 2024

Sesak Nafas Saat Hamil? Ini Penyebab Dan Cara Mengatasinya!

 Sesak Nafas Saat Hamil? Ini Penyebab Dan Cara Mengatasinya!

Sesak Nafas Saat Hamil? Ini Penyebab Dan Cara Mengatasinya!

Saat hamil, tubuh moms akan mengalami banyak perubahan. Salah satu kondisi yang sering dialami moms hamil akibat perubahan tubuh adalah rasa sesak nafas. Namun, tidak perlu terlalu khawatir moms! Merasa sesak nafas selama hamil adalah hal yang wajar dan sering terjadi pada banyak ibu hamil.

Yuk! Kenali penyebab sesak nafas saat hamil dan cara mengatasinya!

Penyebab Sesak Nafas Saat Hamil:

Ibu hamil dapat mengalami sesak nafas kapan saja dalam masa kehamilannya. Beberapa ibu hamil akan mengalami perubahan pada pernapasan mereka pada awal kehamilan, sementara beberapa wanita lain mungkin merasakannya pada trimester kedua atau ketiga. Gangguan pernapasan saat hamil dapat disebabkan oleh beberapa hal, termasuk:

Kekurangan Oksigen & Peningkatan Darah 

Saat hamil, bayi dalam kandungan juga membutuhkan oksigen sehingga kebutuhan oksigen Moms akan bertambah. Karena ini, moms akan seringkali merasa sesak nafas, sehingga butuh menarik nafas dalam-dalam agar tidak kekurangan oksigen. Selain itu, mulai trimester kedua, tubuh ibu hamil akan mulai mengalami peningkatan volume darah. Karena ini, jantung moms butuh memompa lebih keras untuk mengalirkan darah ini ke seluruh tubuh dan ke plasenta. Beban kerja yang meningkat pada jantung dapat membuat ibu hamil merasa sesak nafas.

Hormon Kehamilan

Saat hamil, tubuh moms akan mengalami peningkatan hormon progesteron. Hormon ini merangsang otak untuk meningkatkan frekuensi dan kedalaman nafas, sehingga moms bernapas lebih dalam dan cepat. Ini dilakukan tubuh supaya moms mencukupi kebutuhan oksigen bayi, namun dapat membuat moms terasa sesak dan kekurangan oksigen.

Pertumbuhan Janin Di Kandungan

Terakhir, salah satu alasan kenapa ibu hamil merasa sesak nafas mungkin jadi karena pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan. Seiring waktu, ukuran janin membesar sehingga mungkin membuat kepala bayi menekan diafragma moms dan membuat sulit untuk bernapas.

Sesak Nafas Saat Hamil

Baca Juga: Moms, Inilah 3 Posisi Tidur Terbaik Untuk Ibu Hamil!

Cara Mengatasi Sesak Nafas Saat Hamil:

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan ibu hamil untuk mengurangi rasa sesak nafas.

  • Hindari mengonsumsi makanan yang pedas, asam, atau berminyak
  • Rutin berolahraga ringan untuk mengatur pola napas
  • Atur posisi tidur agar tidur di sisi kiri supaya lebih mudah untuk tarik nafas
  • Pastikan untuk selalu duduk tegak agar membuat lebih banyak udara masuk ke dalam paru-paru
  • Melakukan yoga atau senam ringan lain yang dapat mengatur pola nafas

Demikian, itulah penyebab sesak nafas saat hamil dan cara mengatasinya! Semoga membantu moms! Jika masih mengalami kesulitan bernafas, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter ya, moms!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri