• May 28, 2024

Wajib Tahu! 5 Makanan Untuk Ibu Hamil Memperlancar Persalinan!

 Wajib Tahu! 5 Makanan Untuk Ibu Hamil Memperlancar Persalinan!

Wajib Tahu! 5 Makanan Untuk Ibu Hamil Memperlancar Persalinan!

Dengan waktu persalinan mendekat, tentu saja Mama ingin mempersiapkan kondisi badan supaya sehat dan memiliki energi yang cukup untuk melahirkan. Salah satu cara untuk Mama melakukan ini adalah dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan yang dapat memperlancarkan persalinan.

Yuk, moms! Simak 5 makanan untuk ibu hamil memperlancar persalinan!

Kurma

Beberapa studi telah menemukan bahwa memakan kurma selama hamil dapat membantu melebarkan dan melunakkan serviks. Karena ini, wanita yang makan kurma selama hamil mengalami proses persalinan yang jauh lebih pendek dan lancar daripada mereka yang tidak. Selain membantu melancarkan persalinan, kurma juga sangat bermanfaat untuk kesehatan badan Mama karena penuh dengan berbagai macam vitamin dan zat besi. Jadi, kami sarankan Mama untuk sering makan kurma selama hamil, ya!

Pisang

Salah satu makanan untuk ibu hamil memperlancar persalinan adalah pisang. Buah ini penuh dengan gula alami sehingga dapat meningkatkan energi selama persalinan. Selain itu, pisang juga mengandung banyak vitamin B dan vitamin C yang dapat membantu mencegah risiko preeclampsia, sebuah kondisi serius dimana tekanan ibu hamil meningkat disertai adanya kelebihan protein dalam urine.

Makanan Untuk Ibu Hamil Memperlancar Persalinan

Baca Juga: Inilah 7 Makanan Yang Wajib Dihindari Ibu Hamil!

Minuman Berelektrolit Tinggi

Berikut, kami juga sarankan Mama untuk sering minum banyak minuman berelektrolit tinggi seperti air kelapa. Penting sekali untuk Mama jaga badannya agar tetap terhidrasi selama hamil dan mendekati waktu persalinan. Kekurangan cairan dapat membuat kontraksi jadi makin menyakitkan loh, moms! Meminum air kelapa mendekati waktu persalinan akan membantu memberi asupan elektrolit yang dibutuhkan agar proses melahirkan lancar dan tidak menyakitkan.

Jeruk

Kami juga sarankan Mama untuk makan banyak buah segar seperti jeruk selama hamil. Ini karena buah jeruk mengandung sekitar 90% air sehingga dapat membantu Mama mencukupi kebutuhan cairan. Memakan jeruk selama hamil juga dapat membantu Mama menurunkan tekanan darah secara alami. Namun, kami sarankan untuk tidak makan jeruk jika sudah mulai mengalami kontraksi ya, moms. Tingkat keasaman jeruk juga dapat menyebabkan Mama merasa sakit perut selama proses persalinan jika Mama tidak hati-hati.

Ubi Jalar

Terakhir, makan ubi jalar sangat direkomendasi untuk para ibu hamil! Ubi jalar mengandung banyak pati dan estrogen yang dibutuhkan untuk membuat asam hialuronat dalam tubuh. Selain itu, ubi jalar juga mengandung berbagai macam vitamin seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin B yang sangat sehat untuk badan Mama!

Itulah 5 makanan untuk ibu hamil memperlancar persalinan! Semoga dapat membantu moms supaya tetap sehat dan penuh energi ketika datangnya waktu melahirkan!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri