• May 27, 2024

Wajib Tahu! 5 Tips Cara Mengatasi Mual Saat Hamil!

 Wajib Tahu! 5 Tips Cara Mengatasi Mual Saat Hamil!

Wajib Tahu! 5 Tips Cara Mengatasi Mual Saat Hamil!

Banyak ibu hamil sering merasa mual ketika tengah mengandung. Sering disebut dengan istilah “morning sickness,” hal ini sangat umum dan diperkirakan terjadi pada 70-80% ibu hamil. Namun, morning sickness sering muncul selama trimester pertama saja dan biasanya menghilang pada kehamilan 22 minggu.

Bagi para moms yang mengalami morning sickness, jangan khawatir! Berikut ini adalah 5 tips cara mengatasi mual saat hamil!

Minum Yang Cukup

Penting sekali untuk ibu hamil minum banyak air putih dan memenuhi asupan cairan agar menghindari dehidrasi. Dehidrasi dapat membuat ibu hamil merasa pusing dan lemas, serta memicu mual yang jauh lebih parah. Jadi ingat untuk sering minum air putih atau minuman elektrolit seperti air kelapa ya, moms. Selain itu, untuk bantu mengatasi rasa mual yang parah, moms juga dapat mengonsumsi teh atau jahe hangat.

Hirup Aromaterapi

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa menghirup aroma yang wangi & segar dapat membantu menghilangkan rasa mual saat hamil. Karena itu, banyak ahli menyarankan ibu hamil untuk melakukan aromaterapi dengan berbagai macam aroma seperti minyak lemon, minyak rosemary, dan minyak lavender. Selain membantu menghilangkan rasa mual, aromaterapi juga dapat membantu badan ibu hamil untuk lebih rileks loh!

Mengatasi Mual Saat Hamil

Baca Juga: Inilah 7 Makanan Yang Wajib Ibu Hamil Hindari!

Menghindari Makanan yang Memicu Mual

Kami juga sarankan moms untuk menghindari makanan yang memicu rasa mual. Ini termasuk makanan dengan bau menyengat, makanan berminyak, makanan berlemak, dan makanan pedas. Selain itu, moms juga butuh hindari berbaring setelah makan karena dapat menyebabkan asam lambung naik hingga membuat mual dan muntah.

Melakukan Yoga

Berikut, salah satu cara mengatasi mual saat hamil adalah dengan melakukan olahraga ringan seperti yoga, berjalan, ataupun bermeditasi. Selain itu, tetap aktif dan melakukan olahraga ringan selama hamil juga dapat membantu sirkulasi darah sehingga tubuh ibu hamil jadi jauh lebih sehat selama kehamilan. Namun, kami sarankan untuk hindari melakukan olahraga yang terlalu intensif ya, parents. Karena ini dapat meningkatkan risiko cedera.

Konsumsi vitamin B6

Beberapa studi telah menemukan bahwa mengonsumsi Vitamin B6 dapat mengurangi mual dan muntah hingga 70% dari kasus ibu hamil yang mengalami morning sickness. Karena itu, banyak dokter akan menyarankan ibu hamil untuk konsumsi vitamin B6 jika ingin menghilangkan mual saat hamil.

Itulah 5 cara mengatasi mual saat hamil! Semoga bermanfaat, Moms!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri