• May 28, 2024

4 Cara Mengajarkan Tanggung Jawab Saat Mendidik Anak!

 4 Cara Mengajarkan Tanggung Jawab Saat Mendidik Anak!

4 Cara Mengajarkan Tanggung Jawab Saat Mendidik Anak!

Tanggung jawab merupakan keterampilan hidup yang sangat penting untuk dipelajari oleh anak sejak usia muda. Mengajarkan anak untuk bertanggung jawab tidak hanya membantu mereka menjadi individu yang lebih mandiri, tetapi juga bantu anak menjadi lebih disiplin sejak dini. Berikut ini adalah 4 cara mengajarkan tanggung jawab saat mendidik anak balita!

Libatkan Anak dalam Pekerjaan Rumah

Cara pertama untuk mengajarkan tanggung jawab saat mendidik anak balita adalah dengan melibatkannya dalam pekerjaan rumah. Moms & Dads dapat melakukan ini dengan mengajak anak membantu ketika sedang memasak atau merapihkan rumah. Anak tidak perlu disuruh melakukan tugas berat, cukup minta bantuan anak untuk mengambil alat atau bahan untuk masak, atau memegang karpet saat menyapu lantai. Dengan melibatkan ‘si Kecil’ dalam tugas rumah, Moms & Dads membantunya belajar tentang tanggung jawab, dan membantu anak merasa seperti ia memiliki peran yang penting dalam keluarga.

Jelaskan Tentang Tanggung Jawab

Menurut para psikolog, anak yang mendengarkan dan belajar tentang kata ‘tanggung jawab’ sejak usia muda akan lebih mudah menerapkannya. Karena itu, Moms & Dads disarankan untuk sering menjelaskan kepada anak tentang apa itu tanggung jawab dan mengapa itu penting. Ketika parents memberikan tugas pada ‘si Kecil’, pastikan untuk memberitahukan bahwa ini bagian dari tanggung jawabnya dan bagaimana hal ini dapat membantu Moms & Dads. Kami juga sarankan parents untuk menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti sesuai dengan usia mereka.

Mendidik Anak Tanggung Jawab

Baca Juga: 5 Makanan Penambah Nafsu Untuk Anak Susah Makan!

Berikan Tugas yang Sesuai dengan Usianya

Selain melibatkan anak dengan tugas yang Moms & Dads lakukan, coba juga untuk berikan anak tugas mereka sendiri. Tidak perlu tugas yang besar atau berat, cukup minta anak untuk membereskan mainan mereka dan meletakkannya di tempat semula setelah main. Dengan sering melakukan tugas yang relatif mudah dan aman seperti ini, anak dapat belajar untuk berkontribusi dan bertanggung jawab.

Arahkan Si Kecil

Cara terakhir untuk mengajarkan tanggung jawab saat mendidik anak balita adalah dengan mengarahkan mereka secara jelas. Ketika Moms & Dads memberikan ‘si Kecil’ tugas, pastikan untuk arahkan mereka dengan menggunakan bahasa yang mudah untuk dimengerti. Ajari dan arahi mereka, namun hindari terlalu membantu mereka melakukan tugas tersebut kecuali mereka benar-benar mengalami kesulitan. Ini akan membantu anak membangun percaya diri dalam menyelesaikan tugas yang diberikan padanya.

Itulah 4 cara mengajarkan tanggung jawab saat mendidik anak balita! Semoga dapat membantu, Moms & Dads!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri