• May 28, 2024

4 Dampak Buruk Screen Time Berlebihan Pada Anak!

 4 Dampak Buruk Screen Time Berlebihan Pada Anak!

4 Dampak Buruk Screen Time Berlebihan Pada Anak!

Teknologi tentu saja memiliki peran yang penting dalam hidup Mama, Papa, dan anak. Namun, memberikan anak screen time berlebihan itu mempunyai beberapa dampak negatif pada tumbuh dan kembang ‘si Kecil’ lho, parents!

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, anak balita dibawah umur  5 tahun lebih baik untuk tidak memiliki screen time lebih dari 1 jam dalam sehari.

Ingin tahu kenapa? Berikut ini adalah 4 dampak buruk screen time berlebihan pada anak yang perlu Mama dan Papa tahu!

  1. Anak Jadi Lebih Mudah Stres

Screen time berlebihan dapat mendampak perkembangan emosional anak sehingga dia menjadi lebih mudah stres. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa balita yang mendapatkan screen time dari usia sangat muda memiliki waktu yang lebih sulit untuk mengelola emosi mereka hingga dewasa.

Beberapa studi juga menemukan bahwa balita yang menghabiskan banyak waktu di depan layar berisiko menjadi jauh lebih temperamental dan agresif daripada anak yang hanya diberikan sedikit waktu screen time.

  1. Merusak Perkembangan Sosial Anak

Ketika anak terlalu lama menghabiskan waktu di depan layar, mereka hilang waktu untuk dapat berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang sekitarnya seperti keluarga dan anak-anak lain. Ini dapat mengakibatkan anak menjadi antisosial dan mengalami kesulitan untuk bersosialisasi ketika dewasa.

Screen Time Berlebihan

Baca juga: 6 Cara Mendidik Balita Agar Mandiri!

  1. Meningkatkan Risiko Obesitas

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa anak balita yang memiliki screen time berlebihan lebih berisiko obesitas pada tahun-tahun prasekolah dan seterusnya. Ini karena terlalu banyak screen time mengakibatkan anak menjadi kurang aktif dan lebih malas bergerak.

Sebuah studi juga telah menemukan bahwa indeks massa tubuh balita meningkat dengan setiap jam screen time yang balita dapatkan setiap minggu. Jadi, kami sarankan untuk tidak biarkan anak menggunakan gadget atau menonton TV berlebihan ya, Mama dan Papa.

  1. Merusak Perkembangan Bahasa

Screen time berlebihan juga dapat merusak perkembangan bahasa pada balita. Banyak anak belajar untuk berbicara dan berkomunikasi dengan berinteraksi secara langsung dengan keluarganya. Namun, anak yang kecanduan gadget seringkali hilang ketertarikannya untuk berinteraksi dan bersosialisasi, ini merusak perkembangan bahasanya.

Itulah 4 dampak screen time berlebihan pada anak balita! Penting sekali untuk Mama dan Papa mengatur screen time anak supaya tidak kecanduan!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri