• May 27, 2024

4 Tanda Anak Kekurangan Gizi Dan Cara Menanganinya!

 4 Tanda Anak Kekurangan Gizi Dan Cara Menanganinya!

4 Tanda Anak Kekurangan Gizi Dan Cara Menanganinya!

Setiap orang tua tentunya ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya. Salah satu caranya adalah dengan memberinya asupan gizi yang cukup sehingga ‘si Kecil’ dapat bertumbuh dan berkembang dengan sehat. Jika gizi anak balita tidak tercukupi, ia dapat mengalami beberapa gangguan pertumbuhan yang dapat mempengaruhinya hingga dewasa.

Karena itu, penting sekali untuk parents kenali 4 tanda anak kekurangan gizi serta cara menanganinya!

Tanda Anak Kekurangan Gizi:

Berat Badan dan Tinggi Di Bawah Rata-Rata Normal

Salah satu tanda anak kekurangan gizi adalah jika ia memiliki berat badan dan tinggi badan yang di bawah rata-rata normal anak seumurannya. Anak yang kekurangan gizi juga akan sering mengalami kesulitan untuk tambah berat badan dan akan mengalami penurunan nafsu makan. Kami sarankan Moms & Dads untuk sering cek berat badan dan tinggi anak untuk pastikan bahwa mereka berada di rata-rata yang normal dan sehat.

Rambut dan Kulit Kering

Kekurangan gizi, terutama kekurangan vitamin dan mineral dapat menyebabkan kulit dan rambut anak menjadi kering dan kurang sehat. Ini juga dapat menyebabkan rambut anak jadi mudah rontok dan kulitnya menjadi kering hingga bersisik. Karena itu, penting sekali untuk pastikan anak sering makan makanan yang kaya akan vitamin dan mineral seperti buah-buahan dan sayuran.

Tanda Anak Kekurangan Gizi

Baca Juga: Anak Balita Suka Memukul? Ini Cara Menghadapinya!

Anak Mudah Lelah dan Rewel

Anak yang kekurangan gizi juga akan mudah merasa lelah dibandingkan anak-anak lain seumurannya. Mereka juga akan mengalami perubahan perilaku sehingga menjadi mudah rewel dan marah. Hal ini disebabkan oleh kurangnya energi dan nutrisi yang diperlukan tubuh anak sehingga ‘si Kecil’ merasa tidak nyaman dan tidak dapat mengelola emosinya dengan baik.

Luka Tidak Cepat Sembuh

Terakhir, kekurangan gizi dapat mempengaruhi proses penyembuhan luka pada anak, sehingga luka ‘si Kecil’ sulit sembuh atau membutuhkan waktu yang lebih lama daripada normal untuk sembuh sepenuhnya. Ini karena sistem kekebalan tubuh membutuhkan cukup nutrisi untuk menghadapi serangan kuman dan menyembuhkan luka pada kulit anak. 

Cara Mengatasi Anak Kekurangan Gizi:

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan Moms & Dads untuk mengatasi kurang gizi pada anak, termasuk:

  • Mengubah pola makan anak dan memberinya lebih banyak makanan bergizi yang mengandung berbagai macam vitamin, karbohidrat, protein, mineral, dan lemak sehat.
  • Memberikan anak suplemen vitamin dan mineral.
  • Buatlah jadwal makan yang teratur dan bervariasi dengan makanan yang menarik sehingga anak menjadi lebih tertarik untuk makan.
  • Berkonsultasi dengan dokter untuk mencari tahu jika ada masalah medis lain yang menyebabkan anak mengalami malnutrisi.

Demikian, itulah informasi seputar 4 tanda anak kekurangan gizi serta beberapa tips cara mengatasinya. Jika Moms & Dads masih merasa cemas karena anak mengalami beberapa gejala kekurangan gizi tersebut, kami sarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter ya!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri