• May 28, 2024

4 Tanda Anak Siap Toilet Training Yang Perlu Diketahui!

 4 Tanda Anak Siap Toilet Training Yang Perlu Diketahui!

4 Tanda Anak Siap Toilet Training Yang Perlu Diketahui!

Pada umumnya, banyak anak balita akan mulai belajar toilet training pada usia 18 bulan hingga 3 tahun. Namun, setiap anak memiliki perkembangan yang berbeda. Karena itu, penting untuk parents ketahui  tanda-tanda lain yang menunjukkan bahwa anak sudah siap untuk mulai toilet training. Yuk, parents! Simak informasi seputar beberapa tanda anak siap toilet training di artikel ini!

Kesadaran Tentang Keinginannya untuk Buang Air

Salah satu tanda anak siap toilet training adalah jika mereka sudah mulai menunjukkan kesadaran tentang cara kerja tubuh mereka. Anak dapat menunjukkan ini dengan memberitahu Moms & Dads jika mereka butuh buang air, atau dengan menunjukkan gerakan tubuh seperti menjepit kedua kakinya ketika ingin pipis. Cara lain banyak anak muda akan menunjukkan bahwa mereka sudah mulai sadar tentang cara kerja tubuh mereka adalah jika mereka sembunyi di suatu tempat ketika buang air karena merasa malu.

Jadwal Anak Buang Air Sudah Teratur

Tanda berikut bahwa anak sudah siap mulai toilet training adalah jika mereka sudah mulai memiliki jadwal buang air yang lebih teratur. Misalnya, jika anak mulai sering buang air pada waktu-waktu tertentu secara teratur setiap hari, seperti setelah makan atau setelah bangun tidur. Ini bisa jadi pertanda bahwa anak sudah siap untuk belajar menggunakan toilet. Moms & Dads dapat mulai toilet training anak dengan mengajaknya untuk duduk di toilet ketika sudah mendekati jadwal anak buang air. 

Anak Benci Popoknya yang Kotor

Jika anak mulai merasa tidak nyaman dan jijik dengan popok kotor atau basah, maka ini bisa jadi tanda anak siap toilet training. Ini berarti anak sudah mulai lebih sadar tentang kebersihan tubuhnya. Anak yang merasa jijik dengan popok kotor seringkali akan mulai rewel dan ingin melepas popoknya secepatnya, ini bisa jadi kesempatan baik untuk mengajaknya mulai menggunakan toilet sendiri. 

Tanda Anak Siap Toilet Training

Baca Juga: 4 Tanda Anak Mengalami Speech Delay Alias Keterlambatan Bicara!

Jumlah Popok Basah Lebih Sedikit

Coba perhatikan popok anak setiap hari. Jika popok ‘si Kecil’ tetap kering ketika ia bangun tidur, dan tetap kering selama 1 – 2 jam setelah pemakaian, maka ini bisa jadi tanda bahwa anak siap menjalani toilet training. Ketika jumlah popok basah mulai berkurang, ini menunjukkan bahwa kontrol kandung kemih mereka meningkat dan anak mulai mampu menahan buang air. Ini merupakan kemampuan yang penting untuk dapat mulai toilet training.

Demikian, itulah 4 tanda anak siap toilet training yang perlu parents ketahui! Semoga membantu, Moms & Dads!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri