• May 28, 2024

4 Tips Cara Mengajari Anak Balita Membaca!

 4 Tips Cara Mengajari Anak Balita Membaca!

4 Tips Cara Mengajari Anak Balita Membaca!

Pada usia 3 tahun, banyak anak balita sudah siap diperkenalkan terhadap huruf dan alfabet. Namun, banyak orang tua tentu tahu bahwa mengajari anak untuk membaca bukan perkara mudah. Pada usia ini, anak balita akan lebih suka bermain dibandingkan belajar.

Tapi jangan khawatir, parents! Berikut ini adalah 4 tips cara mengajari anak balita membaca dengan cara yang menyenangkan dan efektif!

Memperkenalkan Huruf dengan Cara yang Menyenangkan

Sebelum dapat membaca, anak pertama harus dapat mengenal huruf terlebih dulu. Karena itu, penting untuk Mom & Dad memperkenalkan huruf pada anak dengan cara yang menyenangkan. Ini akan membantu anak menangkap dan menghafalnya dengan lebih cepat dan mudah. Gunakan metode kreatif seperti menggambar huruf dengan krayon, menggunting huruf dari kertas, atau membuat huruf dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan di sekitar rumah. 

Rutin Membacakan Buku untuk Anak

Penting sekali untuk parents sering membacakan buku untuk anak secara rutin. Pilih buku-buku yang penuh dengan gambar menarik dan cerita yang menangkap perhatian anak. Penting juga untuk parents mengajarkan anak membaca sambil bersuara dengan lantang. Ini akan mengajar anak intonasi yang tepat sesuai dengan kalimat atau kata yang diucapkan. Sering membacakan buku pada anak balita dapat membantunya memperluas kosakata, dan memahami koneksi apa yang ia baca dan intonasi yang dipakai.

Ajak Anak Bernyanyi

Salah satu cara terbaik untuk mengajari anak balita membaca adalah melalui lagu. Ini dapat membantu anak menghafalkan huruf dan memperluas kosa katanya dengan cara yang menyenangkan. Mulailah dengan menyanyikan lagu paling dasar untuk mengenal huruf, seperti ABC. Lalu ajak anak untuk menyanyikan lagu lain dengan lirik sederhana seperti  ‘Balonku’, atau ‘Pelangi’.

Mengajari Anak Balita Membaca

Baca Juga: Parents! Jangan Batasi Anak Bermain! Ini Kenapa!

Sering Ajukan Pertanyaan

Moms & Dads butuh sering ajukan pertanyaan pada anak agar ia dapat belajar membaca secara lebih interaktif. Contohnya, ketika membaca buku kepadanya, Mom & Dad dapat tanyakan pertanyaan sederhana seputar apa yang mereka lihat di dalam buku. Seperti menanyakan “Ini benda apa?” atau “Warna apa binatang ini?” Ini akan merangsang anak untuk berpikir, merespons, dan memperluas pemahaman mereka ketika membaca dan belajar.

Itulah 4 tips cara mengajari anak balita membaca! Semoga tips tersebut membantu agar anak Mom & Dad dapat belajar dengan cara yang menyenangkan. Ingatlah untuk memberikan dukungan, kesabaran, dan pujian kepada anak saat mereka mencoba belajar membaca.

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri