• May 28, 2024

5 Ide Aktivitas Yang Mendukung Tumbuh Kembang Anak!

 5 Ide Aktivitas Yang Mendukung Tumbuh Kembang Anak!

5 Ide Aktivitas Yang Mendukung Tumbuh Kembang Anak!

Setiap orangtua tentunya ingin melihat anak mereka bertumbuh dan berkembang dengan baik. Pada usia 0 hingga 5 tahun, anak melalui fase golden age, dimana mereka berkembang secara fisik, mental, dan emosional. Karena itu, waktu ini adalah waktu yang paling tepat untuk parents melakukan berbagai macam aktivitas dengan anak untuk membantu mengoptimalkan perkembangan anak.

Berikut ini adalah 5 ide aktivitas yang dapat parents melakukan bersama ‘si Kecil’ untuk mendukung tumbuh kembang anak!

Membaca Buku Bersama Secara Interaktif

Membaca buku merupakan salah satu aktivitas yang efektif dalam mendukung tumbuh kembang anak balita. Dengan membaca buku cerita bersama anak, Moms & Dads membantu ‘si Kecil’ meningkatkan kemampuan bahasanya dan memperluas kosa katanya. Selain itu, membaca buku juga membantu anak untuk meningkatkan kemampuannya untuk berkonsentrasi. Kami sarankan Moms & Dads untuk membuat aktivitas membaca buku bersama menjadi jauh lebih interaktif. Tunjuk karakter dan gambar dalam buku dan sering ajak anak diskusi tentang bukunya, seperti menanyakan “Bagaimana suara sapi?” atau “Adik tahu gak, kucing ini warna apa?” Hal ini akan membuat aktivitas membaca menjadi jauh lebih menyenangkan untuk ‘si Kecil’. 

Menari Bersama

Menyalakan musik dan mengajak anak untuk menari bersama adalah salah satu cara terbaik untuk mendukung perkembangan anak. Aktivitas menari dapat mempengaruhi kemampuan motorik anak, sehingga membantunya meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh. Selain berfungsi sebagai aktivitas fisik yang baik, beberapa penelitian telah menemukan bahwa mengekspos anak balita ke berbagai jenis musik dapat mendukung perkembangan otaknya.

Main Tebak Makanan

Aktivitas berikut yang dapat parents lakukan bersama anak untuk mendukung tumbuh kembangnya adalah bermain ‘tebak makanan’. Pada umumnya, anak balita selalu menyukai permainan tebak-tebakan. Karena itu, coba ajak anak untuk menutup makanannya sambil menyuapinya berbagai macam makanan. Lalu, minta anak untuk tebak makanan tersebut. Aktivitas ini dapat membantu melatih konsentrasi dan kemampuan analisisnya. Selain itu, aktivitas ini juga dapat membantu meningkatkan ketertarikan dan minat anak untuk makan berbagai macam makanan dan membentuk pola makan yang sehat.

Aktivitas Tumbuh Kembang Anak

Baca Juga: Tips Pola Asuh! Hindari 5 Frasa Ini Saat Bicara Pada Anak!

Menyusun Balok

Bermain dengan balok kayu atau balok plastik seperti lego dapat membantu meningkatkan keterampilan motorik halus anak. Ajak anak untuk menyusun dan menumpuk balok dan beri anak kebebasan untuk membentuk apa saja yang ia ingin. Ini tidak hanya akan membantu melatih koordinasi tangan dan mata anak, tapi juga akan bantu meningkatkan imajinasi anak.

Arts & Craft

Melakukan aktivitas Arts & Crafts dengan anak dapat membantu mendukung tumbuh kembang anak balita secara optimal. Beri anak kebebasan untuk membuat berbagai macam karya seni. Moms & Dads dapat memberi anak alat-alat seperti kertas, pensil warna, cat air, dan bahkan objek di sekitarnya seperti tutup botol dan kardus bekas. Kegiatan ini dapat membantu anak meningkatkan kreativitas dan imajinasi mereka, serta meningkatkan keterampilan motorik halus anak.

Itulah 5 ide aktivitas untuk mendukung tumbuh kembang anak! Selamat mencoba, parents!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri