• May 28, 2024

5 Makanan Penambah Nafsu Untuk Anak Susah Makan!

 5 Makanan Penambah Nafsu Untuk Anak Susah Makan!

5 Makanan Penambah Nafsu Untuk Anak Susah Makan!

Banyak parents tentunya merasa khawatir ketika anak balita susah makan dan kehilangan nafsu makan. Kurangnya makan dapat menimbulkan berbagai masalah serius bagi kesehatan anak termasuk mengalami kekurangan gizi. Karena itu, penting sekali untuk parents mendorong anak balita untuk makan sesuai kebutuhannya. 

Dalam kasus ini, parents sepertinya butuh memberikan ‘si Kecil’ beberapa makanan untuk membantu meningkatkan nafsu makannya. Yuk, Moms & Dads! Simak 5 makanan penambah nafsu untuk anak balita yang susah makan!

Yogurt

Makanan Anak Susah Makan

Yoghurt merupakan makanan yang mengandung banyak probiotik sehat, sehingga dapat menjaga sistem pencernaan anak. Beberapa studi juga telah membuktikan bahwa plain yoghurt kaya akan kalsium dan protein, yang mampu menambah asupan energi dan meningkatkan nafsu makan. Selain itu, yoghurt dapat diolah menjadi banyak menu makan yang menarik agar anak tidak mudah bosan dengan rasanya. Contohnya, Moms & Dads dapat mengaduk yoghurt dengan berbagai macam buah-buahan, atau membuat yoghurt popsicle.

Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang kaya akan lemak sehat, kalori, dan vitamin yang sehat untuk tubuh ‘si Kecil’. Makanan ini juga memiliki rasa yang manis, sehingga mudah disukai oleh banyak anak. Karena itu, alpukat dapat membantu memberikan asupan kalori tambahan bagi anak yang susah makan. Selain itu, alpukat juga dapat disajikan dengan berbagai cara, termasuk sebagai jus, campuran salad, ataupun sebagai selai roti lapis.

Kacang-Kacangan

Makanan Anak Susah Makan

Kacang-kacangan seperti almond, kacang tanah, atau kacang mete merupakan makanan yang baik untuk diberikan pada anak susah makan. Menurut beberapa penelitian, ini karena kandungan zinc dalam kacang-kacangan dapat membantu meningkatkan nafsu makan. Kacang juga kaya akan protein, asam lemak, dan berbagai vitamin dan mineral lainnya yang sangat sehat untuk tubuh ‘si Kecil’.

Baca Juga: Wajib Tahu! Inilah 5 Alasan Anak Susah Makan!

Jahe

Jahe merupakan rempah yang dapat menghangatkan perut anak dan melegakan masalah pencernaan seperti perut kembung atau mual, sehingga membantu meningkatkan nafsu makan ‘si Kecil’. Moms & Dads disarankan untuk menyajikan jahe dalam sup, nasi tim, atau dalam bentuk minuman seperti teh.

Wortel

Terakhir, wortel bermanfaat sebagai sumber vitamin yang sangat sehat untuk tubuh anak. Rasa manis wortel juga dapat membantu meningkatkan nafsu makan ‘si Kecil’. Bagi parents yang memiliki anak susah makan, coba sajikan wortel dalam berbagai cara seperti jus, sup, atau dicampur dengan sayuran lainnya. Kami sarankan parents untuk beri anak wortel sebagai cemilan sekitar 30 menit sebelum waktu makan untuk membantu meningkatkan nafsu makan anak.

Itulah 5 makanan penambah nafsu untuk anak susah makan! Penting untuk diingat bahwa setiap anak memiliki preferensi masing-masing, jadi sesuaikan dengan apa yang anak Moms & Dads suka, ya!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri