• May 27, 2024

5 Parenting Tips Anak 3 Tahun Yang Perlu Diketahui!

 5 Parenting Tips Anak 3 Tahun Yang Perlu Diketahui!

5 Parenting Tips Anak 3 Tahun Yang Perlu Diketahui!

Ketika anak menginjak usia tiga tahun, ini mungkin menjadi hal yang menantang bagi banyak orangtua. Ini karena pada usia ini, anak sudah mulai dapat mengembangkan pandangan tentang diri sendiri, hubungan keluarga, bahkan belajar bagaimana menyesuaikan perilaku mereka. 

Untuk membantu Mom & Dad, berikut ini adalah 5 parenting tips yang perlu diketahui untuk membangun hubungan yang baik dengan ‘si Kecil’ dan membantunya berkembang secara optimal!

Ajarkan Anak Menjadi Lebih Mandiri

Pada usia 3 tahun, anak akan mulai menunjukkan keinginan untuk melakukan banyak hal secara sendiri. Berikan mereka kesempatan untuk mandiri dalam aktivitas sehari-hari, seperti makan sendiri, berpakaian sendiri, dan membersihkan mainan mereka setelah bermain. Ini akan membantu membangun rasa percaya diri anak dan membantu mereka berkembang menjadi lebih mandiri.

Mulai Belajar Baca, Tulis, dan Hitung

Anak berusia 3 tahun sudah cukup siap untuk mulai belajar baca, tulis, dan hitung.Bantu memperkenalkan pada huruf-huruf dengan membacakan cerita bersama, dan bermain permainan yang melibatkan angka. Dukung minat mereka dalam belajar dengan cara yang menyenangkan dan interaktif.

Parents Butuh Bersikap Tegas dan Konsisten

Pada usia ini, tidak jarang untuk anak balita mencoba menguji batasan dan aturan yang Moms & Dads telah tetapkan. Namun, penting untuk diingat bahwa orang tua butuh tetap konsisten dan tegas dalam aturan yang telah ditetapkan. Berikan anak konsekuensi yang jelas dan wajar jika mereka menguji batasan agar ia memahami untuk menghormati aturan dan otoritas.

Parenting Tips Anak 3 Tahun

Baca Juga: Parents! Jangan Batasi Anak Bermain! Ini Kenapa!

Jangan Mengulangi Apa yang Telah Mereka Lakukan

Parenting tips berikut adalah untuk jangan mengulangi apa saja yang anak telah melakukan. Contohnya, jika anak mulai membersihkan mainannya atau tempat tidurnya secara sendiri, namun ia menaruh mainan di tempat yang salah atau tempat tidurnya kurang rapih, Moms & Dads butuh tahan keinginan untuk membantu merapikan ulang apa yang anak baru saja melakukan. Ingat bahwa pada usia ini, tidak penting untuk anak melakukan semua hal secara sempurna, cukup puji anak untuk mulai ingin melakukan hal secara mandiri.

Hindari Terlalu Banyak Membantu Anak

Tentu saja sebagai orang tua, Mom & Dad pasti ingin membantu anak dalam setiap aktivitas. Namun, penting untuk parents berikan ‘si Kecil’ kesempatan untuk mencoba hal baru secara sendiri. Biarkan mereka belajar mengatasi kesulitan tanpa bantuan, cukup beri mereka panduan dan bimbingan jika dibutuhkan. Ini membantu membangun keterampilan problem-solving dan kemandirian.

Demikian, itulah 5 parenting tips untuk anak 3 tahun! Dalam menghadapi anak berusia 3 tahun, penting untuk memberikan mereka banyak perhatian dan dukungan agar mereka dapat berkembang dengan baik di usia ini yang penting.

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri