• May 28, 2024

5 Rekomendasi Mainan Yang Bantu Perkembangan Balita!

 5 Rekomendasi Mainan Yang Bantu Perkembangan Balita!

5 Rekomendasi Mainan Yang Bantu Perkembangan Balita!

Bermain adalah cara penting bagi banyak balita untuk dapat mengembangkan skills dan kemampuan mereka. Salah satu medium yang efektif untuk membantu perkembangan anak balita adalah dengan menggunakan mainan edukatif.

Maka, ini dia 5 rekomendasi mainan yang bantu perkembangan balita!

  1. Mainan Instrumen

Dari xylophone hingga mini piano, memberi balita mainan instrumen dapat membantu mengembangkan motorik halus serta melatih koordinasi mata dan tangan anak. Selain itu, memberi mereka mainan instrumen juga dapat membantu balita belajar tentang ritme dan melatih telinganya untuk mendengar dengan lebih baik.

  1.  Mainan Lego / Blok Bangunan

Mainan yang satu ini merupakan salah satu mainan mungkin keliatan sangat sederhana dan mudah akan tetapi mainan ini merupakan mainan yang bantu perkembangan balita yaitu Lego atau yang biasa disebut blok bangunan. Mainan ini adalah salah satu mainan yang dapat membantu melatih konsentrasi anak dan mengasah kreativitas anak untuk membuat berbagai macam objek.

Mainan Yang Bantu Perkembangan Balita 2

  1. Mainan Puzzle

Puzzle dapat bantu meningkatkan logika anak dan juga membantu balita belajar untuk mengembangkan problem-solving skills. Selain itu, puzzle juga dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat anak! Mungkin di awal-awal pertumbuhan anak main puzzle mungkin dapat membuat anak bosan akan tetapi puzzle merupakan salah satu mainan yang bantu perkembangan balita. 

  1. Mainan Buku Gambar

Buku gambar adalah salah satu mainan terbaik yang dapat membantu meningkatkan level kreatifitas anak! Buku gambar juga dapat membantu anak melatih koordinasi mata dan tangan mereka melalui menggambar dan mewarnai.

  1. Mainan ‘Activity Cards’

Activity cards mendorong balita untuk melakukan berbagai macam aktivitas yang sangat membantu mengembangkan skill mereka, termasuk menggambar, mewarnai, menulis, menarik garis, melengkapi gambar, dan lebih banyak lagi.

Bagaimana, Mama dan Papa? Walaupun mungkin sudah memiliki semua mainan yang bantu perkembangan balita tersebut, lebih penting lagi bahwa Mama dan Papa luangkan waktu untuk bermain bersama anak, karena waktu bermain adalah waktu dimana balita dapat membangun hubungan emosional dan perilaku positif dengan orangtua!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri