• May 28, 2024

5 Tips Cara Terapi Anak Balita Belum Bisa Jalan!

 5 Tips Cara Terapi Anak Balita Belum Bisa Jalan!

5 Tips Cara Terapi Anak Balita Belum Bisa Jalan!

Pada umumnya, banyak anak mulai berdiri dan belajar untuk berjalan sekitar usia 9 hingga 18 bulan. Namun, bagaimana jika anak melampaui usia 18 bulan dan masih belum berjalan tanpa bantuan orang tua? Ini berarti ‘si Kecil’ mengalami keterlambatan berjalan.

Namun jangan terlalu khawatir, parents! Mom & Dad dapat coba melakukan beberapa cara untuk membantu anak mulai berjalan. Yuk, simak  5 tips cara terapi anak balita belum bisa jalan!

Memijat Kaki Si Kecil

Memijat kaki ‘si Kecil’ adalah salah satu cara terapi terbaik untuk membantu anak yang terlambat jalan. Mom & Dad hanya butuh menggunakan minyak pijat khusus bayi dan memberi pijatan pada paha, betis, hingga telapak kaki anak. Ini dapat membantu aliran darah di kakinya dan juga membuat otot paha dan kakinya lebih rileks dan fleksibel sehingga memudahkan anak untuk berjalan.

Pancing Anak Dengan Mainan

Bisa jadi salah satu alasan anak belum dapat berjalan adalah karena ia belum mempunyai cukup motivasi untuk mulai berjalan. Karena itu, Mom & Dad bisa coba menggunakan mainan atau benda lain yang anak suka sebagai pancingan agar anak lebih termotivasi untuk bergerak. Cukup bantu anak berdiri sebelum memegang mainan kesukaannya beberapa meter di depannya. Dengan rutin bermain seperti ini, ‘si Kecil’ akan menjadi lebih bermotivasi untuk bergerak dan berjalan untuk mendapatkan mainan kesukaannya.

Terapi Anak Balita Belum Bisa Jalan

Baca Juga: Inilah Trik Melatih Anak Berbicara Agar Pandai Bicara!

Berjalan Tanpa Alas Kaki

Berikut, salah satu terapi anak balita belum bisa jalan adalah membiasakannya bereksplorasi tanpa menggunakan alas kaki sebanyak mungkin. Membiarkan anak bertelanjang kaki dapat membantunya merasakan setiap langkah yang ia lalui. Menurut para ahli, berjalan tanpa alas kaki dapat membantu perkembangan otot kaki anak, melatih keseimbangannya, hingga menguatkan sistem sensoriknya.

Pilih Alat Bantu Jalan Yang Tepat

Jika Mom & Dad ingin membeli alat bantu jalan untuk mendorong anak supaya mulai berjalan, penting juga untuk Mom & Dad memberi anak alat bantu jalan yang tepat. Para ahli sarankan parents untuk hindari memberi anak sebuah baby walker karena alat ini malah dapat memperlambat perkembangan anak hingga membuatnya lebih lama untuk belajar berjalan. Jika ingin membeli alat bantu jalan, Mom & Dad disarankan untuk memberi anak sebuah baby push walker atau baby push toy.

Bermain Bersama Orang Tua

Salah satu cara paling efektif untuk memberi anak motivasi agar mulai berjalan adalah dengan membuat berjalan sebuah aktivitas yang menyenangkan. Mom & Dad dapat melakukan ini dengan pertama membantu anak untuk berdiri sebelum saling duduk berjauhan. Lalu, panggil nama ‘si Kecil’ dan ajak dia untuk menghampiri Mama sebelum kemudian mengajak dia untuk jalan dan menghampiri Ayah.

Itulah 5 tips cara terapi anak balita belum bisa jalan! Tentu saja anak butuh banyak latihan sebelum dapat berjalan dengan lancar. Namun, jika kaki anak selalu tampak lemah dan tidak rata, atau anak tetap belum dapat berdiri dan berjalan di usia lebih dari 18 bulan, kami sarankan untuk konsultasi pada dokter ya, parents!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri