• May 27, 2024

5 Tips Menyapih Anak Balita Agar Berhenti Menyusu!

5 Tips Menyapih Anak Balita Agar Berhenti Menyusu!

Setelah anak menginjak usia 2 tahun, mereka tidak lagi butuh ASI untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi mereka. Karena itu, parents butuh tahu cara menyapih anak dengan baik supaya ia dapat mulai makan makanan keluarga dan tidak rewel meminta ASI.

Namun, proses menyapih anak seringkali menjadi hal yang sulit dilakukan baik bagi banyak Moms. Tapi tidak perlu khawatir, parents! Berikut ini adalah 5 tips menyapih anak balita agar berhenti menyusu!

Komunikasi Pada Anak

Penting sekali untuk Mom & Dad beritahu anak tentang perubahan ini dalam hidupnya supaya ia tidak merasa “kaget.” Jelaskan pada ‘si Kecil’ kenapa ia harus berhenti menyusu dan berikan contoh agar ia lebih mengerti. Mom & Dad juga butuh memberi anak keyakinan bahwa dia tidak lagi butuh menyusu. Contoh, parents bisa mengatakan: “Adik sebentar lagi mau mulai sekolah loh, sudah besar. Tidak butuh lagi menyusu. Teman-teman kamu yang lain juga sudah tidak menyusu lagi.

Persingkat Waktu Menyusui

Tips berikut untuk menyapih anak balita adalah dengan memperpendek waktu menyusu secara bertahap. Jika anak biasanya menyusu selama 10 menit, Moms dapat mempersingkat waktunya menjadi 7 menit, lalu beberapa hari kemudian persingkat lagi menjadi 5 menit saja. Ini dapat dilakukan sehingga anak benar-benar bisa lepas menyusu. Pastikan Mom & Dad melakukan ini secara bertahap agar anak tidak merasa kaget dengan waktu menyusu yang pendek.

Tunda Waktu Menyusui dan Berikan Distraksi

Saat anak meminta untuk menyusu, Moms perlu coba menunda sebisa mungkin. Moms juga dapat mengalihkan perhatian anak dengan aktivitas lain saat ia ingin menyusu. Contoh, parents dapat ucapkan: “Jangan sekarang, nanti saja. Adik main sama mainannya aja dulu.

Menyapih Anak Balita

Baca Juga: Anak Balita Suka Memukul? Ini Cara Menghadapinya!

Ubah Rutinitas

Cobalah ubah rutinitas dan jadwal sehari-hari. Jika anak biasanya ingin menyusu pada siang hari setelah makan siang, coba ajak ‘si Kecil’ untuk keluar rumah dan bermain di playground agar mengalihkan perhatiannya. Dengan mengubah rutinitas, Mom & Dad juga membantu anak untuk tidak bergantung pada jadwal menyusu.

Kenalkan Cara Minum dengan Gelas

Coba juga untuk mulai tawarkan anak minum dengan gelas. Menyapih anak supaya tidak lagi menyusu akan lebih mudah jika ‘si Kecil’ dikenalkan dengan gelas terlebih dahulu dibandingkan botol. Gelas dapat diisi dengan susu formula ataupun susu sapi. Dengan memperkenalkan anak dengan minum dengan gelas, ini dapat membantu ‘si Kecil’ menyesuaikan diri dengan perubahan secara perlahan.

Demikian, itulah 5 tips menyapih anak balita agar tidak menyusu lagi. Semoga membantu, parents!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri