• May 28, 2024

6 Cara Mendidik Anak Balita Agar Mandiri!

 6 Cara Mendidik Anak Balita Agar Mandiri!

6 Cara Mendidik Anak Balita Agar Mandiri!

Mandiri, berani dan resilien adalah sikap-sikap yang pasti semua orangtua ingin melihat anak mereka tampilkan. Namun, untuk bantu anak mengembangkan semua sikap-sikap tersebut, Mama dan Papa harus mendidiknya dengan benar dari usia dini.

Untuk bantu Mama dan Papa, berikut ini adalah 6 cara mendidik anak balita agar mandiri!

Beri Balita Tanggung Jawab Ringan

Salah satu cara paling efektif untuk mendidik anak balita agar mandiri adalah dengan mulai memberinya tanggung jawab dan tugas-tugas kecil. Kemandirian bisa dimulai dengan mengajar anak untuk membantu menaruh kembali mainannya di tempat yang benar setelah main ataupun dengan melepas pakaian sendiri ketika mau ganti baju.

Sering Beri Anak Pilihan

Cara lain untuk melatih kemandirian anak adalah dengan sering memberinya pilihan agar anak belajar membuat keputusan untuk diri sendiri. Contoh, Mama dan Papa bisa menyediakan anak dengan 2-3 pilihan untuk keputusan sehari-hari, seperti: “Adik mau bawa mainan yang mana ke mobil? Boneka beruang ini atau boneka lumba-lumba ini?” atau “Hari ini, adik mau pakai baju warna pink atau ungu?

Dengan sering waktu, sering memberi anak pilihan dan melatihnya untuk membuat keputusan akan membantunya untuk meningkatkan rasa percaya dirinya!

Ajarkannya Untuk Memecahkan Masalah Sendiri

Jika anak mengalami masalah atau melakukan kesalahan, biarkan mereka coba memecahkan masalahnya secara sendiri. Contoh, jika anak tidak sengaja menumpahkan minumannya, Mama dan Papa dapat mengatakan: “Wah, tumpah ya minumnya? Bagaimana cara membersihkannya? Oh ya, pakai lap! Yuk, kita bersihkan!” Lalu biarkan anak membersihkan tumpahan minumannya.

Hal ini akan mengajar anak balita berpikir untuk diri sendiri dan berinisiatif untuk memecahkan masalahnya secara sendiri.

Baca Juga: Inilah Trik Melatih Anak Berbicara Agar Pandai Bicara!

Mendidik Anak Balita Agar Mandiri

Biarkan Anak Makan Sendiri

Ini penting sekali ya, parents! Sejak anak sudah bisa mulai mengunyah pada umur 8 – 9 bulan, jangan terlalu sering menyuapinya. Lebih baik Mama dan Papa letakkan makanan anak di atas meja dan biarkan anak untuk makan secara mandiri. 

Jangan terlalu khawatir jika anak makan berantakan atau lambat karena mengajar anak untuk makan secara sendiri adalah salah satu cara paling efektif mendidik anak balita agar mandiri!

Hindari Terlalu Sering Membantunya

Banyak orangtua tanpa sadar sering ikut campur saat anak melakukan sesuatu. Namun ini bisa membuat anak menjadi terlalu bergantung pada Mama dan Papa lho! 

Dari main hingga makan, lebih baik untuk biarkan anak melakukannya sendiri. Dengan seiring waktu, anak akan belajar untuk datangi Mama dan Papa secara sendiri jika dia membutuhkan bantuan.

Biasakan Anak Sering Membantu

Anak balita seringkali penasaran dengan apa yang dilakukan Mama dan Papanya sehari-hari. Jika Mama atau Papa sedang masak, membersihkan rumah, ataupun menata furniture, cari cara agar anak dapat membantu orangtua melakukan tugas-tugas tersebut. 

Contoh, ajak anak untuk aduk makanan ketika Mama sedang masak, atau untuk bantu tatak meja saat waktu makan siang.

Bagaimana Mama dan Papa? Semoga informasi tersebut dapat membantu dalam mendidik anak balita agar lebih mandiri! Jangan lupa untuk selalu beri pujian dan menghargai usaha ‘si Kecil’ ya!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri