• May 28, 2024

6 Parenting Tips Balita Yang Perlu Diketahui Orang Tua!

 6 Parenting Tips Balita Yang Perlu Diketahui Orang Tua!

6 Parenting Tips Balita Yang Perlu Diketahui Orang Tua!

Setiap orang tua pasti memiliki gaya parenting yang berbeda, namun semua Mama dan Papa tentunya ingin anak menjadi sukses, pandai, dan bahagia. Karena itu, sangat penting untuk mendidik anak dengan benar dari usia muda.

Untuk membantu dalam mendidik anak agar menjadi anak yang baik dan bertanggung jawab, LittleBabyBelly telah merangkum 6 parenting tips balita yang perlu Mama dan Papa ketahui!

Libatkan Anak Dalam Pekerjaan Rumah

Sejak usia muda, Mama dan Papa dapat mengajar anak untuk menjadi mandiri dan bertanggung jawab dengan melibatkannya dalam pekerjaan rumah yang sederhana. Contohnya, anak dapat membantu Mama dan Papa menata meja makan saat waktunya makan siang, atau anak dapat membantu menaruh kembali mainannya setelah selesai bermain.

Sering Ajak Anak Berbicara

Kami sarankan Mama dan Papa untuk sering berkomunikasi dan berbicara dengan anak karena ini sangat penting untuk perkembangan sosial anak. Selain membantu anak untuk meningkatkan kemampuan berbahasanya, sering berbicara dengan anak balita dapat membantunya untuk belajar cara bersosialisasi dengan baik.

Baca Juga: 4 Dampak Buruk Screen Time Berlebihan Pada Anak!

Parenting tips balita

Konsisten Menerapkan Peraturan Dan Konsekuensi

Sebagian orangtua seringkali membuat peraturan untuk ‘si Kecil’ tapi cepat menyerah ketika anak menjadi rewel dan tidak mengikutinya. Namun, penting sekali untuk tetap konsisten dalam menerapkan peraturan dan memberikan konsekuensi pada anak, lho Mama dan Papa! Sebagai orangtua, kami harus bisa tegas dalam menerapkan peraturan sehingga anak jadi bersikap lebih baik.

Jangan Sering Beri Puji Berlebihan

Memberi anak pujian dan apresiasi adalah salah satu cara yang terbaik untuk membantu membangun kepercayaan diri mereka. Namun, bukan berarti Mama dan Papa harus berinya pujian berlebihan ya!

Lebih baik untuk memberi pujian pada kerja keras atau effort yang anak lakukan. Contoh, daripada mengatakan “Wah, adik pintar sekali membereskan mainannya!“, cukup katakan: “Terima kasih ya sudah membereskan mainannya, adik sudah berusaha keras untuk merapihkan kamar!

Batasi Screen Time

Memainkan gadget atau menonton TV secara berlebihan dapat mempengaruhi perkembangan anak balita secara negatif, lho! Salah satu parenting tips balita terpenting adalah untuk hindari screen time berlebihan sehingga anak tidak menjadi kecanduan dengan teknologi.

Ajari Anak Supaya Peduli Pada Orang Disekitarnya

Sangat penting juga untuk mendidik anak menjadi sopan dan perhatian dengan orang disekitarnya. Mama dan Papa perlu mengajar balita untuk selalu mengucapkan tolong, maaf, dan terimakasih, dan untuk memikirkan perasaan orang lain. Mengajari anak untuk selalu ramah dan peduli pada orang disekitarnya akan membantu skill bersosialisasinya hingga dewasa.

Bagaimana Mama dan Papa? Semoga parenting tips balita tersebut dapat membantu supaya anak Mama dan Papa tumbuh menjadi lebih sukses, pandai, dan bahagia!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri