• May 28, 2024

Pusing Mengatasi Anak Susah Makan? Ini 5 hal yang harus dilakukan!

 Pusing Mengatasi Anak Susah Makan? Ini 5 hal yang harus dilakukan!

Pusing Mengatasi Anak Susah Makan? Ini 5 hal yang harus dilakukan!

Bagi banyak anak berumur 1 – 4 tahun, nafsu makan mereka menurun akibat pertumbuhan mereka melambat dibanding sebelumnya. Ini dapat menyebabkan anak menjadi seorang picky eater, suka pilih-pilih makanan atau keengganan untuk makan sama sekali. 

Tentu saja, ini bisa membuat Mama dan Papa stres karena ketidakmauan si Kecil untuk makan dapat mengakibatkan nutrisinya tidak tercukupi atau berat badannya untuk menurun.

Namun, jangan khawatir! Berikut ini adalah 5 tips cara mengatasi anak susah makan versi LittleBabyBelly untuk mama dan papa di rumah.

  1. Hindari Penggunaan Gadget Saat Makan

Saat waktu ‘si Kecil’ makan, jangan biasakan mereka memainkan tablet, smartphone, atau menonton TV sambil memakan. Banyak ahli telah menemukan bahwa peggunaan gadget saat makan dapat membuat anak susah makan. Ini karena penggunaan gadget seperti tablet dapat menyita seluruh perhatian anak sehingga mereka kehilangan nafsu makan. Yuk, untuk para mama dan papa harus mulai stop ‘si Kecil’ untuk menggunakan gadget karena ini merupakan cara mengatasi anak susah makan yang paling efektif!

  1. Ajak Anak Untuk Bantu Menyiapkan Makanan

Saat Mama atau Papa memasak, ajak si Kecil bantu menyiapkan makanannya bersama. Contoh, ajak anak untuk mengitung semua nama bahan-bahan yang masuk ke dalam makanannya. Ini dapat membantu menarik perhatian dan ketertarikan anak terhadap makanannya saat waktu makan.

mengatasi anak susah makan

Related: Si Kecil Rewel? Inilah Solusi Cara Mengatasi Anak Tantrum!

  1. Jangan Memaksa

Ketika anak tidak mau makan, lebih baik untuk tidak memaksanya untuk menghabiskan makanannya. Pastikan suasana makan yang tenang, sehingga makan menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi si Kecil.

Mama dan Papa juga butuh hindari mengunakan ancaman seperti “tidak boleh main kalau makan tidak habis.” Ancaman seperti ini dapat menimbulkan stres yang membuat anak benci waktu makan.

  1. Perkenalkan Makanan Baru

Salah satu alasan kenapa anak susah makan bisa jadi karena dia merasa bosan dengan menu yang itu-itu saja. Coba memperkenalkan si Kecil pada beberapa makanan baru untuk meraih perhatian dan ketertarikannya. Menurut kami, Inovasi makanan baru kepada ‘si Kecil’ akan membantu para mama untuk bisa mengatasi anak susah makan – jadi sangat penting untuk terus berinovasi ya. 

  1. Jangan Tawarkan Reward Atau Hukuman

Penting sekali untuk tetap sabar walaupun anak menolak atau melepehkan makanannya. Mama dan Papa juga butuh hindari menawarkan reward pada anak untuk makan semua makanannya, ini malah bisa mendorong pola makan yang buruk lho!

Semoga tips tersebut membantu Mama dan Papa mengatasi anak susah makan. Jangan terlalu khawatir jika anak kalian susah atau pilih-pilih makan karena seiring waktu, selera dan kebiasaan makan anak akan berkembang.

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri

Leave a Reply