• May 28, 2024

Anak Susah Makan? Ini 5 Tips Cara Mengatasinya!

 Anak Susah Makan? Ini 5 Tips Cara Mengatasinya!

Anak Susah Makan? Ini 5 Tips Cara Mengatasinya!

Tidak jarang untuk orang tua merasa stres dan khawatir ketika anak balita susah makan. Menolak makan merupakan fase normal yang dilalui banyak anak balita, terutama mereka yang berusia 1 hingga 6 tahun. Namun, masa perkembangan ini merupakan masa yang sangat penting bagi tumbuh kembang anak. Karena itu, penting sekali untuk memastikan anak mendapatkan cukup nutrisi supaya ia dapat bertumbuh dan berkembang secara optimal.

Untuk membantu Moms & Dads, berikut ini adalah beberapa tips cara mengatasi anak susah makan!

Cari Tahu Penyebabnya

Pertama, sebelum dapat mengatasi anak susah makan, Moms & Dads perlu ketahui alasan kenapa anak menolak makan terlebih dulu. Beberapa alasan umum anak susah makan termasuk stres, perubahan pada rutinitas atau lingkungan, atau masalah medis seperti sakit gigi atau sakit perut, dan lain. Dengan pertama mengetahui penyebab anak susah makan, Moms & Dads akan dapat mencari solusi yang paling tepat dan efektif untuk mengatasinya.

Berikan Makanan dalam Porsi Kecil Tapi Sering

Salah satu alasan kenapa anak balita susah makan mungkin karena ia merasa kenyang atau tidak lapar. Karena itu, penting sekali untuk parents buat jadwal makan yang tepat. Untuk hindari anak merasa kenyang saat waktunya makan, hindari memberinya cemilan sebelum waktu makan. Coba juga untuk memberikan anak makanan dalam porsi kecil tapi secara lebih sering.

Sajikan Makanan dengan Tampilan yang Menarik

Cara berikut untuk mengatasi anak susah makan adalah dengan menyajikan makanan dengan tampilan semenarik mungkin. Cobalah untuk menggunakan warna-warna cerah dan variasi bentuk agar makanan terlihat lebih menarik bagi anak. Moms & Dads juga dapat coba berkreasi dengan menyusun makanan dalam bentuk hewan atau tokoh kartun favorit anak. Hal ini akan membantu membangun ketertarikan anak pada makanan, sehingga mendorongnya untuk makan.

Anak Susah Makan

Baca Juga: Waspada! 5 Hal Ini Menghambat Tumbuh Kembang Anak!

Variasikan Makanan

Seperti dewasa, anak balita juga dapat merasa bosan dengan makanan yang itu-itu saja. Karena itu, kami sarankan Moms & Dads untuk coba variasikan makanan yang ditawarkan pada ‘si Kecil’. Coba juga untuk memperkenalkan anak pada makanan baru secara perlahan agar menarik perhatiannya dan membantu anak mengenal berbagai cita rasa.

Hindari Memaksa Anak

Penting sekali untuk parents hindari memaksa anak untuk makan atau menyelesaikan makanannya. Hindari juga memberikan hukuman pada anak jika ia tidak makan. Semua ini justru dapat membuat anak merasa stres, tegang, dan tidak nyaman saatnya waktu makan, sehingga membuat anak lebih susah untuk makan.

Itulah 5 tips cara mengatasi anak susah makan! Semoga membantu, parents! Jika anak Moms & Dads masih susah makan, sehingga parents khawatir dapat menimbulkan masalah kesehatan, kami sarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter ya!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri