• May 27, 2024

Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Mengatur Screen Time Anak!

 Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Mengatur Screen Time Anak!

Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Mengatur Screen Time Anak!

Dengan perkembangan teknologi pada era digital ini, gadget dan layar telah menjadi bagian besar dalam kehidupan sehari-hari. Namun, sebagai orang tua, penting bagi kita untuk memastikan bahwa penggunaan layar oleh anak-anak tidak melewati batas yang sehat. Karena itu, penting sekali untuk parents mengatur screen time anak, terutama bayi dan anak balita, dengan baik. 

Untuk membantu Moms & Dads, berikut ini adalah kesalahan umum yang perlu dihindari saat mengatur screen time anak!

Tidak Membatasi Waktu

Kesalahan pertama yang sering dilakukan parents saat ingin mengatur screen time anak adalah tidak memberi mereka batasan waktu yang tepat atau konsisten. Menurut WHO, bayi di bawah usia 1 tahun disarankan untuk tidak melakukan screen time sama sekali. Sementara anak yang berusia sekitar 2 tahun disarankan untuk tidak melakukan screen time lebih dari 1 jam sehari. Terakhir, anak berusia 2 hingga 4 tahun tidak disarankan untuk melakukan screen time lebih dari 2 jam dalam sehari. Ingat parents, menurut WHO, semakin sedikit screen time anak, semakin baik untuk mereka. 

Memberikan Screen Time Saat Waktu Makan

Penting juga untuk parents hindari memberikan anak screen time saat waktunya makan. Hal ini dapat meningkatkan risiko anak diabetes, karena membuat anak tidak perhatikan makanannya atau ketika ia sudah merasa kenyang. Selain itu, waktu makan merupakan momen ketika keluarga dapat berbicara dengan satu sama lain. Dengan memberi anak screen time pada waktu makan, mereka hilang waktu untuk dapat berinteraksi dan bonding dengan Moms & Dads.

Kesalahan Screen Time Anak

Baca Juga: Kenali Jenis Tantrum Pada Anak Serta Cara Mengatasinya!

Tidak Mengawasi Konten

Parents juga selalu mengawasi konten yang diakses oleh anak-anak saat screen time. Pastikan konten tepat dan sesuai untuk usia anak, mau itu tayangan televisi maupun game di gadget ‘si Kecil’. Para ahli dan psikolog anak juga sarankan parents untuk hindari memberi anak balita akses pada konten yang yang bisa menstimulasinya secara berlebihan. Konten yang mengandung terlalu banyak warna atau bergerak terlalu cepat dapat menjadi terlalu ‘overstimulating’ untuk anak, sehingga dapat membuatnya rewel, susah tidur, dan berbagai masalah lain.

Memberi Screen Time Dekat Waktu Tidur

Banyak penelitian telah menemukan bahwa menggunakan gadget atau menonton TV dapat mengganggu ritme dan kualitas tidur anak maupun dewasa. Karena itu, lebih baik untuk parents hindari memberikan anak screen time dekat waktu tidurnya. Menurut para ahli, parents butuh hindari screen time setidaknya satu jam sebelum anak tidur.

Demikian, itulah 4 kesalahan umum yang perlu dihindari saat mengatur screen time anak! Semoga informasi tersebut bermanfaat, parents!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri