• May 28, 2024

Hindari Melakukan 5 Hal Ini Saat Toilet Training Anak!

 Hindari Melakukan 5 Hal Ini Saat Toilet Training Anak!

Hindari Melakukan 5 Hal Ini Saat Toilet Training Anak!

Toilet training merupakan momen yang sangat penting dalam perkembangan anak. Namun, proses toilet training tidak mudah dan membutuhkan banyak kesabaran dan pemahaman yang baik dari orangtua. Penting juga untuk parents mengetahui hal yang lebih baik untuk dihindari saat toilet training agar anak dapat belajar untuk menggunakan toilet secara optimal.

Untuk membantu Moms & Dads, berikut adalah 5 hal yang sebaiknya parents hindari saat mengajarkan anak toilet training.

Mulai Toilet Training Terlalu Dini

Pertama, penting sekali untuk parents hindari mulai proses toilet training jika anak belum siap. Memulai toilet training terlalu dini sebelum anak siap secara fisik dan emosional hanya akan membuat proses menjadi lebih sulit untuk Moms & Dads. Menurut para ahli, banyak anak baru akan mulai siap untuk menjalani toilet training ketika mereka berusia 18 hingga 24 bulan. Namun, penting untuk diingat bahwa setiap anak memiliki perkembangan yang berbeda-beda. Beberapa anak mungkin membutuhkan lebih banyak waktu untuk belajar menggunakan toilet dengan baik.

Menekan atau Memaksa Anak

Berikut, hindari memaksa, mengomel, atau memberi anak tekanan berlebihan saat ia belajar untuk menggunakan toilet. Hal ini malah dapat membuat anak merasa stres dan cemas, sehingga mempersulit anak untuk beradaptasi dengan toilet training. Daripada memberikan anak respon negatif saat mereka gagal menggunakan toilet, lebih baik untuk beri ‘si Kecil’ respon yang positif seperti pujian ketika mereka berhasil menggunakan toilet.

Kurang Konsisten

Penting sekali untuk parents tetap konsisten selama proses toilet training agar anak tidak merasa bingung dan stres. Tidak jarang untuk parents tergoda membuat ‘si Kecil’ memakai popok ketika toilet training sering gagal. Namun, penting sekali untuk Moms, Dads, dan semua anggota keluarga lainnya yang terlibat dalam perawatan anak juga konsisten dalam menerapkan toilet training.

Hindari Toilet Training Anak

Baca Juga: 4 Tanda Anak Mengalami Speech Delay Alias Keterlambatan Bicara!

Memulai Toilet Training Di Waktu Yang Salah

Selain usia, penting juga untuk parents memilih “waktu” yang tepat untuk mulai mengajar anak untuk menggunakan toilet. Hindari menjalani toilet training anak jika keluarga belum siap atau jika ada perubahan yang tidak sejalan dengan keseharian anak. Ini bisa jadi saat berganti pengasuh, pindah rumah, atau jika ‘si Kecil’ akan punya adik dalam waktu dekat.

Tidak Bersabar

Toilet training memang merupakan proses yang membutuhkan banyak waktu dan kesabaran. Anak tidak akan belajar dalam semalam. Wajar untuk anak yang sedang toilet training untuk mengalami ‘kecelakaan’ atau mengompol. Namun, penting untuk parents hindari menyerah atau terlalu beremosi. Menjadi frustrasi dan kesal pada anak akan membuat ‘si Kecil’ merasa cemas atau takut mencoba lagi.

Itulah 5 hal yang sebaiknya parents hindari saat mengajarkan anak toilet training! Semoga membantu, Moms & Dads!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri