• May 27, 2024

Ini 4 Tips Agar Anak Balita Tertarik Membaca Buku!

 Ini 4 Tips Agar Anak Balita Tertarik Membaca Buku!

Ini 4 Tips Agar Anak Balita Tertarik Membaca Buku!

Membaca merupakan kegiatan yang penting untuk merangsang perkembangan anak. Buku tidak hanya dapat mengembangkan kemampuan bahasa anak, tapi juga dapat membangun imajinasinya dan membantu anak belajar tentang dunia di sekitarnya dengan lebih cepat. Karena itu, penting sekali untuk parents bantu membangun ketertarikan anak pada buku sejak usia dini. 

Untuk membantu parents, berikut ini 4 tips agar anak balita tertarik membaca buku!

Kenalkan Buku Sedini Mungkin

Lebih baik untuk parents perkenalkan anak pada buku dan membaca sejak ia bayi. Mulai dengan membacakan buku cerita yang penuh dengan gambar menarik agar menarik perhatian anak. Dengan memperkenalkan kegiatan membaca sejak usia dini, anak akan terbiasa dengan kegiatan membaca dan menganggapnya sebagai aktivitas yang menyenangkan.

Kenalkan Berbagai Variasi Buku

Salah satu cara terbaik untuk membuat anak balita tertarik membaca buku adalah dengan memperkenalkannya pada berbagai jenis dan variasi buku. Mulai dari buku bergambar lucu dan warna-warni, hingga novel, dan komik. Moms & Dads juga dapat mengajak ‘si Kecil’ jalan-jalan ke perpustakaan atau toko buku, dimana ia akan melihat berbagai macam variasi buku. Ini akan meningkatkan minat dan ketertarikan anak dalam membaca. 

Biarkan Anak Memilih Buku Sendiri

Ajak anak untuk memilih buku yang mereka ingin baca. Biarkan mereka menjelajahi rak buku atau toko buku dan memilih buku yang menarik perhatian mereka. Ketika anak diberi kebebasan untuk memilih buku, ini akan membuat kegiatan membaca merasa lebih menyenangkan bagi anak.

Balita Tertarik Membaca

Baca Juga: 5 Parenting Tips Anak 3 Tahun Yang Perlu Diketahui!

Buatkan Membaca Sebagai Kegiatan Rutin

Kami juga sarankan parents untuk jadikan membaca sebagai kegiatan rutin. Tentukan waktu khusus setiap hari untuk membaca bersama anak, ini dapat dilakukan sebelum tidur atau saat selesai makan siang. Dengan membuat membaca sebagai kegiatan rutin, anak akan menganggapnya sebagai kegiatan yang biasa dan menyenangkan dalam kehidupan sehari-harinya. 

Demikian, itulah 4 tips agar balita tertarik membaca. Ingatlah untuk memberikan anak dukungan dan pujian ketika ia menunjukkan ketertarikan untuk membaca. Selain itu, Moms & Dads juga butuh menjadi role model dan teladan dengan membaca buku, sehingga anak meniru kebiasaan membaca.

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri