• May 29, 2024

Inilah 5 Makanan Penambah Berat Badan Balita!

 Inilah 5 Makanan Penambah Berat Badan Balita!

Inilah 5 Makanan Penambah Berat Badan Balita!

Berat badan anak balita adalah satu hal yang tidak boleh parents sepelekan. Dengan mempunyai berat badan yang optimal, anak akan dapat bertumbuh dan berkembang secara baik. Namun, bukan berarti parents boleh sembarangan memberikan anak makanan hanya untuk menaikkan berat badannya.

Walaupun makanan seperti permen, coklat, dan minuman manis memang berkalori tinggi dan dapat membantu anak menaikkan berat badan dengan cepat, mengonsumsi banyak makanan seperti ini tidak disarankan karena dapat berisiko membuat anak obesitas.

Karena itu, kami sarankan parents untuk beri anak makanan yang sehat untuk bantu menambahkan berat badannya. Yuk, simak 5 makanan sehat penambah berat badan balita di artikel ini!

Susu, Keju, dan Yogurt

Susu dan produk olahannya, seperti keju dan yogurt sangat bermanfaat untuk membantu anak menaikkan berat badan secara sehat. Susu dan produk olahannya mengandung protein, kalsium, dan lemak sehat yang penting untuk pertumbuhan balita. Selain itu, susu dan yogurt juga mudah dibuat jadi variasi makanan dan minuman seperti smoothies, milkshake, ataupun yogurt popsicle. Sehingga anak tidak cepat bosan dengan rasanya.

Alpukat

Buah alpukat adalah salah satu makanan penambah berat badan balita yang paling dianjurkan karena sangat efektif untuk menaikkan berat badan anak! Alpukat kaya akan nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin E, serat, dan juga kaya akan kalori dan lemak sehat. Selain itu, alpukat memiliki rasa yang manis sehingga dapat menjadi pengganti makanan manis untuk asupan yang lebih bergizi. Alpukat juga dapat diberi pada balita sebagai camilan, ditambahkan ke puree buah, atau dikonsumsi sebagai selai.

Makanan Penambah Berat Badan Balita

Baca Juga: Pusing Mengatasi Anak Susah Makan? Ini 5 Hal Yang Harus Dilakukan!

Pisang

Selain alpukat, pisang juga termasuk buah yang dapat membantu anak balita menaikkan berat badan dengan cepat. Pisang kaya akan kalori dan nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin B6, kalium, dan serat. Seperti alpukat, pisang dapat diberi pada anak sebagai camilan antara waktu makan atau diberi sebagai smoothie untuk menaikkan asupan kalori dan nutrisi balita.

Telur dan Daging Ayam

Penuh dengan kandungan protein, vitamin, mineral, zat besi, dan lemak sehat, telur dan daging ayam baik dikonsumsi sebagai makanan penambah berat badan balita. Telur dan daging ayam juga mengandung omega 3 yang sangat penting bagi perkembangan otak ‘si Kecil’! Parents dapat mengolah kedua makanan ini menjadi banyak variasi menu, termasuk omelet, bakso, telur dadar, hingga lebih banyak lagi, sehingga tidak membuat anak merasa bosan.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang almond, kenari, dan kacang merah merupakan salah satu makanan yang dapat membantu anak menaikkan berat badan dengan cepat. Kacang-kacangan mengandung protein, lemak sehat, dan kalori yang tinggi. Moms and Dads dapat memberikan balita kacang-kacangan sebagai cemilan, ataupun dihaluskan dan dijadikan sebagai selai.

Demikian, itulah 5 makanan penambah berat badan balita. Semoga membantu Moms & Dads agar anak dapat bertumbuh dan berkembang dengan baik!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri