• May 27, 2024

Jangan Panik! Ini 5 Tips Cara Mengatasi Anak Tantrum!

 Jangan Panik! Ini 5 Tips Cara Mengatasi Anak Tantrum!

Jangan Panik! Ini 5 Tips Cara Mengatasi Anak Tantrum!

Tantrum merupakan kondisi yang dialami oleh banyak anak dalam masa perkembangannya. Saat mengalami tantrum, anak akan kehilangan kendali atas emosinya sehingga rewel, menangis kencang, melempar barang, berguling di lantai, ataupun menendang dan memukul orang tua. Hal ini normal terjadi karena pada usia muda ini, banyak anak masih merasa sulit untuk mengekspresikan dirinya dan emosinya dengan efektif.

Tentu saja tantrum dapat membuat parents merasa frustrasi dan kesal, namun penting untuk Moms & Dads ketahui cara untuk menangani tantrum anak dengan tepat. Yuk! Simak 5 tips cara menangani anak tantrum di artikel ini!

Cari Tahu Penyebabnya

Sebelum dapat menangani tantrum anak, parents butuh cari tahu penyebab rasa marah dan frustrasi anak terlebih dulu. Ada banyak sekali penyebab anak tantrum. Karena itu, parents butuh mengetahui jika anak tantrum karena sedang merasa lapar, gerah, lelah, bosan, atau karena dia merasa frustrasi dengan sebuah peraturan atau batasan yang Moms & Dads telah tetapkan. Dengan memahami penyebab tantrum anak, Moms & Dads akan dapat merespon dengan lebih tepat dan efektif.

Alihkan Perhatian Anak

Salah satu cara efektif untuk mengatasi anak tantrum adalah dengan mengalihkan perhatian dan fokusnya pada aktivitas atau hal lain. Parents dapat coba mengalihkan perhatian ‘si Kecil’ saat dia tantrum dengan memberikannya mainan favorit, bernyanyi, menari, atau menunjukkan sesuatu yang menarik. Ini akan membantu mengalihkan emosi anak dari rasa kesal dan marah menjadi terhibur.

Biarkan Anak Marah

Meskipun parents ingin segera menghentikan tantrum anak, kadang baik juga untuk membiarkan ‘si Kecil’ untuk mengeluarkan emosinya agar ia merasa lega. Berikan anak waktu sekitar 1-3 menit untuk mengeluarkan emosinya dan menenangkan dirinya sendiri, selama tidak melakukan hal berbahaya bagi dirinya. Lalu, ketika kemarahan anak sudah reda, Moms & Dads bisa mengajaknya untuk berbicara secara tenang. Ini dapat membantu anak belajar untuk mengelola emosinya secara sendiri dengan lebih baik.

Mengatasi Anak Tantrum

Baca Juga: Tips Bersikap Tegas Pada Anak Balita Yang Perlu Parents Ketahui!

Tunjukkan Empati

Penting untuk diingat bahwa seringkali, anak muda masih belum dapat mengerti atau mengungkap emosi mereka dengan efektif. Karena itu, penting untuk parents tetap sabar dan tunjukkan empati pada anak balita saat ia tantrum. Moms & Dads dapat menunjukkan anak empati dengan berbicara padanya secara lembut, contohnya dengan mengatakan, “Adik marah ya, belum mau tidur? Kita bisa main lagi besok, ya, sekarang sudah waktunya tidur.” Memberikan anak pengertian dapat membantu menenangkan anak dan membantunya mengatasi emosinya.

Hindari Meneriaki atau Memukul Anak

Penting sekali untuk parents menghindari meneriaki atau memukul anak ketika mereka tantrum. Memukul, mencubit, atau menggunakan kekerasan lain saat balita tantrum dapat membuat emosi anak menjadi lebih kacau. Para psikolog dan ahli anak telah menyatakan bahwa memeluk dan memberi anak balita rasa kasih sayang saat mereka rewel jauh lebih efektif dalam menangani tantrum anak daripada meneriaki atau memukul mereka. Selain meneriaki dan memukul anak, ada beberapa hal lain yang perlu dihindari saat anak tantrum, seperti berbohong pada anak dan meremehkan emosi anak.

Demikian, itulah 5 tips cara menangani anak tantrum! Ingat bahwa parents memang butuh banyak sabar dan tetap konsisten saat menghadapi tantrum anak. Namun, dengan mengatasi tantrum dengan tepat, parents dapat membantu anak untuk belajar mengelola emosi mereka secara lebih baik. 

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri