• May 28, 2024

Kebiasaan Buruk! 4 Tips Menghentikan Balita Menghisap Jempol!

 Kebiasaan Buruk! 4 Tips Menghentikan Balita Menghisap Jempol!

Kebiasaan Buruk! 4 Tips Menghentikan Balita Menghisap Jempol!

Menghisap jempol adalah kebiasaan yang membawa bayi dan balita rasa aman dan ketenangan. Namun, kebiasaan ini lebih baik dihentikan secepatnya ya, parents!

Kebiasaan mengisap jempol bertahun-tahun dapat menimbulkan beberapa masalah seperti mengganggu pertumbuhan gigi, memengaruhi bentuk wajah anak, ataupun memengaruhi cara bicara anak sehingga terdengar cadel ketika bicara.

Untuk bantu Mama dan Papa menghentikan kebiasaan buruk ini, berikut adalah 4 tips menghentikan balita menghisap jempol!

  1. Buat Pengalihan

Salah satu tips menghentikan balita menghisap jempol yang paling efektif tanpa membuat anak stres atau marah adalah dengan mengalih perhatiannya. Ketika Mama dan Papa melihat anak mulai menghisap jempolnya, coba alihkan perhatiannya dengan mengajak ‘si Kecil’ untuk melakukan sesuatu yang mendorongnya untuk menggunakan kedua tangannya. Contoh, ajak anak untuk main dengan bonekanya, atau ajak dia untuk tepuk tangan.

  1. Oleskan Sesuatu Ke Kukunya

Coba oleskan sesuatu yang pahit seperti minyak atau cat kuku yang tidak berbahaya pada jempol anak. Anak pasti tidak akan suka rasa pahit yang dioleskan di kukunya, jadi dengan cara ini, Mama dan Papa dapat membantu anak berhenti menghisap jempol mereka secara perlahan.

Namun, harus diwaspadai bahwa metode ini juga dapat membuat balita marah dan kesal, jadi lebih baik untuk Mama dan Papa oleskan minyak atau cat kukunya ketika anak sedang tidur.

Tips Menghentikan Balita Menghisap Jempol

Baca juga: 6 Cara Mendidik Anak Balita Agar Mandiri!

  1. Ingatkan Secara Lembut

Jika Mama dan Papa melihat anak mulai menghisap jempolnya. Coba beri tahu kepadanya kenapa itu kebiasaan yang buruk dan peringatkan anak untuk berhenti dengan cara yang lembut. 

Lebih baik juga jika Mama dan Papa memegang tangannya dengan cara lembut dan perlahan agar anak berhenti menghisap jempolnya.

  1. Hindari Memberi Hukuman

Salah satu tips menghentikan balita menghisap jempol terpenting, hindari memarahi atau memberi anak hukuman! Memarahi atau memberi anak hukuman dapat membuatnya merasa cemas dan akan mendorongnya untuk menghisap jempolnya lagi sebagai cara untuk menenangkan diri. Jadi kami sarankan untuk tidak memarahi atau memberi anak hukuman ya, parents!

Bagaimana, Mama dan Papa? Jangan lupa untuk memuji dan memberi apresiasi setiap kali anak sudah sukses tidak menghisap jempol supaya ‘si Kecil’ mengerti bahwa perubahan ini adalah perubahan positif!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri