• May 28, 2024

Kenali 4 Jenis Parenting Style Dan Efeknya Pada Anak!

 Kenali 4 Jenis Parenting Style Dan Efeknya Pada Anak!

Kenali 4 Jenis Parenting Style Dan Efeknya Pada Anak!

Parenting style, atau pola asuh orang tua seringkali mempunyai efek besar terhadap sifat dan tingkah laku anak. Tidak hanya itu, gaya parenting Mom & Dad juga dapat mempengaruhi kepercayaan diri bahkan sampai kesehatan fisik dan kemampuan akademis ‘si Kecil’ loh! Karena itu, penting sekali untuk parents temukan parenting style yang terbaik untuk bantu anak tumbuh dan berkembang dengan baik.

Berikut ini adalah 4 jenis parenting style dan dampaknya pada anak menurut psikolog!

Authoritarian

Authoritarian parenting merupakan pola asuh yang mementingkan kedisiplinan dan menerapkan aturan ketat. Parents yang memiliki jenis parenting style ini sering mempunyai harapan yang tinggi pada anak dan juga sering memberi hukuman jika aturan mereka tidak diikuti. Orang tua dengan parenting style otoriter biasanya selalu ingin anak menurut tanpa memberi anak penjelasan di balik aturan mereka. Seringkali, parents dengan pola asuh ini akan hanya menjawab, “Karena Mama/Papa bilang begitu.

Parenting style ini mempunyai beberapa dampak negatif pada mental anak. Ini karena anak tidak pernah diberikan kesempatan untuk menyampaikan pendapat mereka sendiri dan tidak diberi kebebasan untuk melakukan apa yang mereka sukai. Menurut Universitas Negeri Michigan, anak-anak yang dibesarkan dengan parenting style otoriter akan sering mengalami kesulitan untuk mengambil keputusan sendiri, tidak percaya diri, dan sulit untuk mengontrol emosi mereka.

Authoritative

Jenis parenting style ini merupakan parenting yang “standar emas.” Authoritative parenting berfokus pada membangun lingkungan yang positif untuk anak. Orang tua dengan parenting style ini akan sering memiliki aturan dan konsekuensi, namun akan tetap mempertimbangkan pendapat dan perasaan anak. Parents dengan authoritative parenting style dianggap  sebagai memiliki pola asuh yang tegas tapi tidak membatasi anak.

Parenting style ini memiliki beberapa dampak positif pada pertumbuhan anak. Menurut psikolog, anak-anak yang dibesarkan dengan authoritative parenting style sering mempunyai hubungan yang positif dengan orang tua, cenderung lebih bertanggung jawab, mempunyai kepercayaan diri yang tinggi, mampu mengelola emosi dengan baik, dan cenderung berprestasi baik secara akademik maupun sosial.

Jenis Parenting Style

Baca Juga: 6 Cara Mendidik Anak Balita Agar Mandiri!

Permissive

Jenis parenting style berikut ini disebut sebagai permissive parenting. Parents dengan polah asuh ini sering membiarkan anak melakukan apa saja yang mereka ingin. Dengan permissive parenting style, orang tua jarang memberi anak konsekuensi atau mendisiplinkan mereka dan sering tidak berupaya keras untuk menghentikan perilaku buruk anak dengan mengucapkan: “namanya juga anak-anak.

Orang tua dengan parenting style ini seringkali lebih ingin dianggap sebagai teman daripada orang tua. Walaupun parenting style ini dapat membuat anak merasa nyaman dan bebas, ada beberapa dampak negatif dari parenting style ini juga. Permissive parenting dapat mengakibatkan anak menjadi kurang tanggung jawab dan mandiri, cenderung lebih impulsif dan egois, dan tidak dapat menghargai aturan dan batasan yang ditetapkan oleh orang lain.

Uninvolved

Terakhir, uninvolved parenting atau sering juga disebut sebagai neglectful parenting. Parents dengan pola asuh ini tidak memperhatikan anak sama sekali atau jarang melibatkan diri di hidup anak. Mereka sering tidak memiliki mimpi atau harapan untuk anaknya dan tidak akan terlibat dalam hal-hal keseharian anak seperti sekolahnya, aktivitasnya, hingga hobi atau kesukaan anak.

Parenting style ini mengakibatkan anak tidak menerima cukup perhatian, kasih sayang, pengasuhan hingga bimbingan yang benar. Karena itu, anak yang dibesarkan dengan parenting style ini akan cenderung menjadi pemberontak, rendah empati, rendah harga diri, hingga mengalami masalah perilaku.

Demikian, itulah 4 jenis parenting style dan dampaknya pada anak yang perlu diketahui parents! Nah, Mom & Dad menerapkan parenting style yang mana nih? 

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri