• May 29, 2024

Kenali Jenis Tantrum Pada Anak Serta Cara Mengatasinya!

 Kenali Jenis Tantrum Pada Anak Serta Cara Mengatasinya!

Kenali Jenis Tantrum Pada Anak Serta Cara Mengatasinya!

Tantrum merupakan hal yang normal dialami oleh banyak parents, terutama mereka yang memiliki anak berusia usia 1 hingga 4 tahun. Anak tantrum dengan beragam cara, termasuk menangis, berguling-guling di lantai, melempar barang, hingga berteriak dan memukul orang disekitarnya. 

Tentunya tantrum terjadi karena berbagai alasan, namun parents tahu tidak, ternyata ada beberapa jenis tantrum berbeda yang menandakan berbeda hal loh! Yuk, Moms & Dads, kenali 3 jenis tantrum anak dan tips cara mengatasinya!

Tantrum Manipulatif

Pada umumnya, jenis tantrum ini terjadi jika keinginan anak tidak terpenuhi. Ketika tantrum manipulatif terjadi, anak akan cenderung mengekspresikan marahnya dan melakukan berbagai hal untuk mendapatkan perhatian dan mendapatkan yang diinginkan. Jika ini terjadi, parents butuh tetap menguasai emosi dan tetap tenang. Menurut para psikolog anak, salah satu cara terbaik mengurangi perilaku ini dengan mengabaikannya. Namun, penting untuk diingat bahwa tidak semua tantrum merupakan tantrum manipulatif.

Tantrum Frustrasi

Jenis tantrum ini umumnya muncul pada anak yang sulit atau belum dapat mengekspresikan dirinya, keinginannya, atau emosinya dengan baik. Hal ini membuat anak merasa kesal dan frustrasi, sehingga mengamuk atau menangis kencang. Beda dari tantrum manipulatif, jenis tantrum ini tidak terjadi karena anak ingin manipulasi orangtua. Untuk mengatasi tantrum frustrasi, parents butuh tetap tenang dan coba bicara pada anak secara lembut. Beri anak validasi atas emosinya seperti mengatakan “Mama mengerti adik sedang kesal, kan?” dan ajak anak untuk mengungkap emosi dan perasaannya secara benar dan baik.

Jenis Tantrum

Baca Juga: Tips Cara Mengatasi Anak Susah Makan Ala Nikita Willy!

Tantrum Putus Asa

Beda dengan jenis tantrum sebelumnya, tantrum putus asa membuat anak cenderung diam seperti kehilangan gairah dalam melakukan sesuatu. Hal ini umumnya terjadi ketika anak merasa tidak nyaman, cemas, atau takut, namun tidak dapat atau terlalu takut untuk mengungkap emosinya dengan baik. Untuk mengatasi jenis tantrum ini, pastikan untuk beri anak banyak kasih sayang agar ia merasa nyaman dan aman.

Demikian, itulah 3 jenis tantrum anak dan tips cara mengatasinya! Ingat untuk selalu tetap tenang dan sabar saat menghadapi anak tantrum agar dapat mengatasinya dengan baik, parents!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri