• May 28, 2024

Parents, Inilah 4 Cara Mengatasi Anak Hiperaktif!

 Parents, Inilah 4 Cara Mengatasi Anak Hiperaktif!

Inilah 4 Cara Mengatasi Anak Hiperaktif! 

Beberapa orang tua mungkin pernah merasa bingung ketika anak terlalu aktif, sehingga tidak bisa diam, melompat-lompat, dan berteriak. Walaupun selalu energik dan aktif menjadi hal yang wajar untuk anak muda dan balita, Moms & Dads perlu waspada jika anak mempunyai terlalu banyak energi atau hiperaktif.

Anak yang hiperaktif dapat mengalami beberapa masalah seperti meningkatkan risiko cedera, kurangnya kemampuan di bidang akademis akibat susah konsentrasi, dan mengalami kesulitan untuk bersosialisasi. Karena itu, penting sekali untuk parents mengetahui apa itu sebenarnya anak hiperaktif dan cara mengatasinya!

Anak Aktif vs Anak Hiperaktif

Anak yang tergolong hiperaktif mempunyai energi berlebihan dan akan menunjukkan perilaku yang beda dari anak aktif biasa. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri anak hiperaktif:

  • Tidak bisa diam dan bergerak secara berlebihan tanpa merasa lelah
  • Susah diajak bicara
  • Bergerak-gerak meski sedang duduk atau tiduran
  • Kasar atau agresif saat bermain, sehingga dapat melukai anak lain atau diri sendiri
  • Berbicara terus
  • Impulsif dan tidak dapat berpikir panjang sebelum melakukan sesuatu
  • Sering berganti aktivitas, mengalami kesulitan untuk konsentrasi dengan satu hal atau aktivitas

Cara Mengatasi Anak Hiperaktif:

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat parents lakukan untuk mengatasi anak hiperaktif:

Menyalurkan Energi Anak

Anak hiperaktif memiliki jauh lebih banyak energi daripada anak-anak lain seumurannya. Salah satu cara untuk menanganinya supaya tidak menjadi hal yang negatif adalah dengan menyalurkan energi anak untuk melakukan sesuatu yang positif. Contohnya, parents dapat mengajak anak hiperaktif untuk melakukan aktivitas fisik dan berolahraga seperti berlari, bermain sepeda, atau menari. Ini tidak hanya membantu anak menangani energi berlebihan, tapi juga akan bantu anak perkembangkan konsentrasi dan meningkatkan fokus mereka.

Mengatasi Anak Hiperaktif

Baca Juga: Parents! Inilah Cara Beri Anak Pujian Dengan Tepat!

Buat Aturan & Jadwal Yang Konsisten

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi anak hiperaktif adalah dengan membuat aturan dan jadwal yang konsisten. Anak hiperaktif membutuhkan arahan dan jadwal yang jelas dan terstruktur. Ini karena anak hiperaktif cenderung merasa cemas jika tidak melakukan apa-apa. Parents disarankan buat jadwal rutinitas yang konsisten, termasuk menentukan kapan waktu makan siang, waktu tidur, dan waktu bermain. Ini akan membuatnya lebih mudah untuk anak menyalurkan energinya pada kegiatan yang tepat.

Jauhkan Distraksi

Anak hiperaktif cenderung mudah terganggu dan terdistraksi oleh lingkungan di sekitarnya. Karena itu, kami sarankan Moms & Dads untuk jauhkan anak dari distraksi ketika ia sedang mengerjakan tugas yang membutuhkan konsentrasinya seperti PR, membaca, atau belajar.

Demikian, itulah informasi seputar cara mengatasi anak hiperaktif. Semoga tips tersebut membantu, parents!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri