• May 27, 2024

Parents! Inilah Cara Beri Anak Pujian Dengan Tepat!

 Parents! Inilah Cara Beri Anak Pujian Dengan Tepat!

Parents! Inilah Cara Beri Anak Pujian Dengan Tepat!

Memberikan anak balita pujian merupakan salah satu cara penting dalam mendukung perkembangan anak dan bantu membangun rasa percaya diri mereka. Namun, tidak semua pujian memiliki dampak positif yang sama. Moms & Dads perlu tahu bahwa pujian berlebihan atau pujian yang kurang tepat dapat malah memiliki dampak negatif pada anak.

Karena itu, penting sekali untuk parents ketahui cara tepat untuk beri pujian pada anak balita. Yuk, parents! Simak 5 tips berikut seputar cara beri anak pujian dengan tepat!

Fokus Pada Usahanya Dan Bukan Hasilnya

Ketika memberikan anak pujian, lebih baik fokus pada upaya dan usaha anak daripada hanya hasil akhirnya. Ini akan bantu anak belajar soal motivasi diri dan evaluasi diri. Contoh, hindari mengatakan “Kamu pandai gambar, ya!” Lebih baik jika Mom & Dad katakan: “Mama lihat kamu sudah bekerja keras menggambar ini. Gambarnya sudah terlihat bagus sekali!” Hal ini membantu anak memahami bahwa usaha dan ketekunan mereka dihargai, bukan hanya hasil akhir yang mereka capai.

Bersikap Jujur

Salah satu cara beri anak pujian dengan tepat adalah untuk tetap bersikap jujur dan memberikannya pujian yang autentik. Penting untuk parents memahami bahwa anak balita mampu mengetahui membedakan pujian yang tulus dan mana yang tidak. Pujian yang berlebihan dan tidak tulus seperti “Kamu anak paling pintar di dunia!” malah dapat berdampak negatif pada mental anak karena dapat mengurangi kepercayaan diri ‘si Kecil’. Karena itu, penting untuk parents tetap beri anak pujian yang realistis dan jujur. Tidak perlu berlebihan saat menghargai kemampuan anak.

Berikan Pujian Secara Spesifik

Saat memberikan anak balita pujian, lebih baik untuk puji secara spesifik dan terkait dengan tindakan atau perilakunya. Contoh, daripada hanya mengatakan “Kamu anak pintar!” ketika ‘si Kecil’ membersihkan mainannya, coba katakan: “Mama senang lihat kamu membantu membersihkan mainan sendiri setelah bermain!” Pujian yang spesifik membantu anak untuk lebih memahami apa yang mereka lakukan dengan baik.

Cara Beri Anak Pujian

Baca Juga: 4 Parenting Tips Agar Anak Jadi Lebih Mandiri!

Pancing Anak Untuk Mengekspresikan Diri & Beri Deskripsi

Ketika memberikan pujian, ajak anak untuk mengungkapkan perasaan atau pikiran mereka tentang pencapaian mereka. Contoh, “Kamu sudah kerja keras ya, bantu Mama membersihkan mainan kamu! Bagaimana perasaan kamu setelah berhasil membersihkan semua mainannya?” Hal ini membantu anak mengembangkan pemahaman diri dan meningkatkan kesadaran terhadap kemampuan mereka sendiri. Selain itu, jika anak membuat semacam karya, coba pujinya dengan pancing anak untuk beri deskripsi. Mom & Dad dapat mengatakan seperti “Wah! Gambarnya bagus sekali! Ini siapa…? Kamu gambar ini pakai apa?” Dengan menanyakan banyak hal dan memancing anak untuk menjelaskan karyanya, Mom & Dad membuat anak merasa bahwa parents benar-benar perhatikan dan tertarik pada upayanya.

Itulah tips cara beri anak pujian dengan tepat! Ingat parents, pujian yang tulus dan diberikan secara tepat dapat membangun rasa percaya diri anak dan memotivasikan mereka untuk terus berkembang. 

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri