• May 28, 2024

Parents! Inilah Tips Menghadapi Anak Dengan Autisme

 Parents! Inilah Tips Menghadapi Anak Dengan Autisme

Parents! Inilah Tips Menghadapi Anak Dengan Autisme

Mengasuh dan mendidik anak dengan autisme memang bukan hal yang mudah. Pada umumnya, anak dengan autisme mengalami kesulitan dalam berinteraksi sosial dan berkomunikasi. Karena ini, bisa menjadi sulit untuk Moms & Dads mendidik ‘si Kecil’. 

Namun, dengan pemahaman dan pendekatan yang tepat, parents dapat membantu anak yang mengalami autisme tumbuh kembang dengan baik sehingga dapat mencapai potensinya. Untuk membantu, berikut ini adalah beberapa tips menghadapi anak dengan autisme yang perlu parents ketahui!

Kenali Karakter Anak

Tips pertama untuk menghadapi anak dengan autisme adalah untuk memahami anak Moms & Dads dengan baik. Selain membaca banyak informasi dan memahami tentang gejala anak autis, parents juga perlu mengenali  karakter anak masing-masing. Banyak anak dengan autisme berkomunikasi secara nonverbal, karena itu penting untuk parents cari tahu cara ‘si Kecil’ berkomunikasi, belajar, dan berinteraksi. Dengan lebih mengerti dan memahami anak secara individu, Moms & Dads akan mulai mengerti hal apa yang membuat anak merasa kesal atau frustrasi, dan hindari tantrum.

Terapkan Jadwal Sehari-hari

Seringkali, anak dengan autisme cenderung melakukan terbaik ketika mereka memiliki rutinitas atau jadwal yang konsisten. Jadwal yang teratur juga membantu anak dengan autisme merasa lebih tenang dan aman. Anak autis seringkali tidak merasa nyaman dan bisa bereaksi negatif terhadap melakukan sesuatu yang tidak biasa mereka lakukan atau yang tidak sesuai dengan rutinitasnya. Karena itu, kami sarankan parents untuk membuat jadwal yang sesuai dengan kebutuhan anak. Tetapkan waktu yang sama untuk waktu bermain, makan, tidur, belajar, dan aktivitas lainnya.

Temukan Potensi Anak

Moms & Dads tentunya sudah pernah dengar nama Andy Warhol, Mozart, Elon Musk, Eminem, dan Albert Einstein kan? Semua nama tokoh diatas merupakan beberapa orang-orang terkenal dengan autisme! Anak dengan autisme cenderung menyendiri, namun karena hal ini mereka sering memiliki sebuah kesenangan yang selalu menyuri perhatiannya. Kami sarankan Moms & Dads untuk perhatikan dan cari tahu bakat dan kesenangan anak. Apakah mereka suka musik, belajar, menggambar, membaca buku, atau menonton film? Jika parents sudah tahu anak tertarik pada aktivitas apa, teruskan mendorong anak untuk melakukan kegiatan tersebut dan bantu mereka mengembangkannya. Ini dapat membantu anak merasa dihargai dan percaya diri.

Menghadapi Anak Dengan Autisme

Baca Juga: Inilah 5 Penyebab Anak Terlambat Bicara Serta Cara Mengatasinya!

Coba Berbagai Terapi

Penting untuk anak dengan autisme coba berbagai terapi untuk membantunya belajar berkomunikasi dengan lebih efektif, dan mengurangi masalah perilakunya. Namun, tentunya tidak semua anak sama, jadi kami sarankan parents untuk coba berbagai macam terapi hingga ketemu satu yang cocok dengan ‘si Kecil’. Beberapa tipe terapi yang dapat parents coba termasuk terapi main, terapi sensori, terapi wicara, dan banyak lain.

Demikian, itulah tips menghadapi anak dengan autisme! Semoga membantu, parents!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri