• May 27, 2024

Parents Waspada! Hindari Melakukan 4 Hal Ini Jika Anak Susah Makan

 Parents Waspada! Hindari Melakukan 4 Hal Ini Jika Anak Susah Makan

Parents Waspada! Hindari Melakukan 4 Hal Ini Jika Anak Susah Makan

Memiliki anak yang susah makan merupakan tantangan besar bagi banyak orang tua. Tentunya ketika anak susah makan, parents merasa khawatir dan cemas tentang kesehatan anak. Karena ini, banyak parents membangun pola pikir “yang penting anak saya makan!”. Namun, penting untuk Moms & Dads ketahui bahwa pola pikir ini malah dapat menimbulkan dampak negatif pada mental anak dalam jangka panjang.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu parents hindari melakukan jika anak balita susah makan!

Memaksa Anak Makan

Ketika anak menolak makan atau menyelesaikan makanannya, ini tentunya dapat membuat parents merasa kesal dan frustrasi. Namun, penting untuk parents hindari memaksa anak untuk makan. Lebih baik untuk hindari meneriaki anak atau tidak memperbolehkan anak meninggalkan meja makan sebelum makanannya habis. Hal ini malah dapat merasa anak merasa tertekan dan stres, sehingga ia merasa cemas terhadap makanan atau waktu makan. 

Menyuapi Anak

Ketika anak enggan makan, banyak orang tua seringkali ingin membantu ‘si Kecil’ menyelesaikan makanannya dengan menyuapinya. Namun, hal ini malah dapat menimbulkan kebiasaan makan yang buruk. Kami sarankan parents untuk hindari menyuapi anak agar ia dapat belajar untuk makan secara mandiri.

Menghukum atau Mempermalukan Anak

Hindari menghukum atau mempermalukan anak ketika ia susah makan. Ini malah dapat membuat anak merasa tertekan, cemas, dan kesal, sehingga membuatnya semakin tidak ingin makan. Selain itu, sering menghukum atau mempermalukan anak ketika ia menolak makan malah dapat membuat anak membangun hubungan yang negatif dengan waktu makan di jangka panjang.

Hindari Anak Susah Makan

Baca Juga: Waspada! Ini 4 Tanda Berat Badan Anak Berlebihan!

Memberikan Pengalihan

Banyak orang tua sering memberi anak mereka pengalihan saat mereka susah makan, seperti membolehkannya untuk bermain dengan gadget atau menonton TV sambil makan. Namun, hal tersebut perlu dihindari karena malah dapat menyebabkan anak menjadi ketergantungan. Menurut para ahli, screen time pada waktu makan memiliki beberapa dampak negatif pada tumbuh kembang anak, seperti meningkatkan risiko obesitas dan keterlambatan perkembangan.

Itulah 4 hal yang perlu parents hindari melakukan saat anak susah makan. Jika parents merasa cemas tentang kebiasaan makan anak, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau spesialis anak.

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri