• May 28, 2024

Balita Rewel, Inilah Solusi Cara Mengatasi Anak Tantrum!

 Balita Rewel, Inilah Solusi Cara Mengatasi Anak Tantrum!

Balita Rewel, Inilah Solusi Cara Mengatasi Anak Tantrum!

Saat anak berusia balita, tantrum mungkin menjadi salah satu tantangan terbesar yang dihadapi oleh para orangtua. Tantrum adalah perilaku yang biasanya ditunjukkan oleh anak-anak saat mereka tidak dapat mengungkapkan atau mengendalikan emosi mereka. Hal ini dapat membuat frustrasi dan membingungkan orangtua. 

cara mengatasi anak tantrum 2

Parents, jangan khawatir, berikut ini adalah 5 cara mengatasi anak tantrum!

Tetap Tenang dan Sabar

Cara yang satu ini mungkin akan cukup sulit untuk beberapa orang tua untuk dilakukan, tetapi ini merupakan hal yang sangat penting cara mengatasi anak tantrum. Saat anak mengalami tantrum, penting sekali untuk orangtua tetap tenang dan sabar. Hindari merespons dengan marah atau emosi negatif lainnya, karena ini hanya akan memperburuk situasi. Cobalah untuk mempertahankan sikap tenang, berbicara dengan suara yang lembut, dan memberikan dukungan emosional pada anak Anda. Ingatlah bahwa tantrum adalah cara anak mengungkapkan ketidaknyamanan mereka, dan mereka membutuhkan bantuan orangtua untuk mengatasi perasaan tersebut.

Alihkan Perhatian Anak

Beberapa tantrum dapat dipicu oleh rasa bosan atau keinginan untuk mendapatkan perhatian. Melibatkan anak dalam kegiatan yang menarik dan memberikan waktu bermain yang kualitatif merupakan hal yang efektif dalam cara  mengatasi anak tantrum.

Berikan Anak Sebuah Pilihan

Saat anak mengalami tantrum, mereka sering kali merasa kehilangan kendali atas situasi. Memberikan anak sebuah pilihan dapat membantu anak merasa lebih terlibat dalam proses pengambilan keputusan. Contoh, jika anak menolak untuk mengenakan pakaian, orangtua dapat memberikan dua pilihan seperti, “Apakah kamu ingin pakai baju merah atau biru hari ini?” dengan cara ini, anak merasa memiliki kendali dan dapat mengurangi kemungkinan terjadinya tantrum.

Cari Tahu Penyebabnya dan Identifikasi Emosi Anak

Seringkali, balita tidak dapat mengungkapkan emosi mereka dengan kata-kata. Bantu mereka mengidentifikasi dan mengungkapkan emosi mereka. Misalnya, orangtua dapat menggunakan kalimat seperti, “Aku mengerti kamu merasa kesal sekarang karena tidak bisa main, tetapi kita harus cari cara lain untuk menyelesaikan masalah ini.” Dengan menyatakan seperti ini, orangtua dapat membantu mereka memahami dan mengelola perasaan mereka dengan lebih baik.

Jaga Konsistensi Aturan

Balita sering kali membutuhkan batasan dan struktur yang jelas dalam kehidupan sehari-hari. Tetapkan aturan yang konsisten dan berikan penjelasan yang jelas mengenai konsekuensi dari pelanggaran aturan. Saat balita mengalami tantrum, hindari menuruti permintaannya karena ini menunjukkan kepada mereka bahwa dengan tantrum, mereka dapat mendapatkan apa yang mereka mau.

Parents, setiap anak itu unik, jadi cara mengatasi anak tantrum dapat berbeda dalam setiap keluarga. Namun, sangat penting untuk diingat bahwa terlepas tantrum mereka, anak tetap butuh diberikan cinta, dukungan dan perhatian konstan.

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri