• May 27, 2024

Tanda Autisme Pada Anak Balita Yang Perlu Diketahui!

 Tanda Autisme Pada Anak Balita Yang Perlu Diketahui!

Tanda Autisme Pada Anak Balita Yang Perlu Diketahui!

Apakah Mama dan Papa tahu bahwa kasus gangguan autisme pada anak cupu tinggi? Menurut data dari WHO, 1 dari 160 anak didiagnosis dengan autisme – sekitar 1% dari populasi seluruh dunia.

Karena itu, penting sekali untuk Mama dan Papa ketahui apa itu sebenarnya autisme hingga semua tanda autisme pada anak balita! Yuk! Simak di artikel ini!

Apa Itu Autisme?

Autisme atau Autism Spectrum Disorder adalah gangguan perkembangan otak yang dapat mempengaruhi cara seseorang berinteraksi, berekspresi, berkomunikasi dan bersosialisasi. Gangguan ini biasanya muncul dengan sendirinya sejak usia muda dan tidak ada pengobatan yang bisa menyembuhkan autisme secara keseluruhan. Namun, ada beberapa terapi yang dapat membantu anak dengan autisme belajar untuk memperkembangkan kemampuannya untuk bersosialisasi dan berinteraksi dengan orang.

Tanda Autisme Pada Anak Balita

Autisme disebut sebagai kondisi spektrum karena gejala dan perilaku anak yang mengalami autisme dapat sangat bervariasi. Karena itu, Mama dan Papa butuh konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat. Namun, berikut ini adalah beberapa tanda autisme yang dapat terlihat pada balita sejak dini.

Gangguan Keterampilan Sosial

Anak balita dengan autisme akan sering bermasalah dalam berinteraksi dengan orang lain. Mereka akan mengalami kesulitan untuk melakukan kontak mata dan akan menghindari melakukan kontak fisik seperti berpelukan. Selain itu, anak dengan autisme tidak tertarik untuk bermain atau bersosialisasi dengan orang lain dan lebih suka menyendiri. 

ciri-ciri autisme pada anak balita

Baca Juga: 4 Gejala Speech Delay Pada Anak Balita Yang Perlu Diketahui!

Gangguan Komunikasi

Menurut WHO, sekitar 25 hingga 30% dari anak dengan autisme di seluruh dunia itu non-verbal atau tidak berbicara sama sekali. Namun, bagi anak dengan autisme yang berbicara, mereka seringkali mengalami kesulitan untuk berkomunikasi. Contoh, banyak anak dengan autisme susah memahami arah, pernyataan, atau pertanyaan sederhana. Mereka juga akan susah memahami lelucon. Ketika berbicara, anak dengan autisme seringkali memiliki nada atau ritme yang aneh dan sulit dimengerti. Selain itu, anak dengan autisme akan mengalami kesulitan mengenali isyarat nonverbal seperti ekspresi wajah, nada suara, atau postur tubuh. Sehingga membuatnya sulit mengerti emosi dan perasaan orang lain.

Gangguan Perilaku

Terakhir, anak dengan autisme seringkali memiliki perilaku yang beda dari anak-anak lain seumurnya. Contoh, mereka akan memiliki rutinitas khusus yang mereka suka, seperti melakukan gerakan atau membuat suara yang sama berulang kali. Selain itu, anak dengan autisme sangat sensitif terhadap cahaya, sentuhan, dan tekstur. Ini seringkali membuat anak dengan autisme susah untuk makan atau melakukan hal lain seperti berpakaian baju atau menggunakan sepatu.

Itulah informasi seputar autisme dan tanda autisme pada anak balita! Jika anak Mama dan Papa mengalami beberapa gejala tersebut, kami sarankan untuk segera konsultasi dengan ahli, ya!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri