• May 27, 2024

Tips Bersikap Tegas Pada Anak Balita Yang Perlu Parents Ketahui!

 Tips Bersikap Tegas Pada Anak Balita Yang Perlu Parents Ketahui!

Tips Bersikap Tegas Pada Anak Balita Yang Perlu Parents Ketahui!

Mendidik anak balita seringkali dapat menjadi tugas yang menantang bagi banyak orangtua. Hal ini karena pada usia ini, anak akan mulai menguji batasan dan aturan yang Moms & Dads telah tetapkan. Namun, penting sekali untuk orangtua tetap tegas dalam mendidik anak supaya ‘si Kecil’ dapat bertumbuh dan berkembang dengan baik.

Untuk membantu parents, berikut ini adalah tips bersikap tegas pada anak balita yang perlu diketahui!

Tegas Dalam Memberi Aturan Dan Batasan

Penting sekali untuk parents tetap tegas dan konsisten dalam menetapkan aturan dan batasan yang jelas untuk anak. Sampaikan aturan pada ‘si Kecil’ dengan bahasa yang sederhana untuk membantu anak lebih memahami perilaku yang diharapkan. Jika anak tantrum atau terus coba menguji batasan, Moms & Dads harus tetap tegas dalam aturan yang ditetapkan. Hindari melemahkan atau melonggarkan aturan hanya karena merasa frustasi dengan anak. 

Beri Konsekuensi Yang Sesuai

Ketika anak melanggar aturan, penting untuk parents memberikannya konsekuensi yang sesuai. Contohnya, jika anak tidak ingin berhenti main ketika waktunya untuk tidur, ambil mainannya dan letakkan di tempat dimana anak tidak dapat mengambilnya kembali. Ini akan membantu anak memahami bahwa setiap tindakan memiliki konsekuensi.

Hindari Meneriaki Anak atau Memakai Kekerasan Fisik

Walaupun penting untuk memberi anak konsekuensi jika ia tidak mengikuti aturan dan batasan, Moms & Dads disarankan untuk hindari meneriaki dan memakai kekerasan fisik terhadap ‘si Kecil’. Usahakan untuk berbicara dengan suara yang tenang tapi tegas, dan penting untuk parents mengendalikan emosi saat berbicara dengan anak. Walaupun parents butuh bersikap tegas pada anak, memakai kekerasan fisik malah dapat mengakibatkan anak balita trauma.

Bersikap Tegas Pada Anak Balita
Baca Juga: 5 Parenting Tips Anak 3 Tahun Yang Perlu Diketahui!

Menghargai Perilaku Baik Anak

Selain bersikap tegas pada anak, parents juga butuh mengenali bahwa lebih penting untuk fokus pada perilaku baik anak daripada perilaku jeleknya. Karena itu, kami sarankan parents untuk sering memberikan anak pujian yang tulus saat mereka mematuhi aturan atau berperilaku baik.

Bersikap tegas pada anak balita memang bukan tugas yang mudah. Namun dengan kesabaran dan konsistensi, Moms & Dads akan dapat membimbing ‘si Kecil’ untuk tumbuh menjadi anak yang bertanggung jawab dan menghormati aturan. 

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri