• May 28, 2024

Tips Cara Efektif Untuk Toilet Training Anak!

 Tips Cara Efektif Untuk Toilet Training Anak!

Tips Cara Efektif Untuk Toilet Training Anak!

Toilet training atau potty training merupakan hal yang sangat penting untuk perkembangan  anak yang menandai transisi dari menggunakan popok ke menggunakan toilet. Tujuan toilet training tentunya agar anak dapat belajar menjadi lebih mandiri dan dapat menggunakan toilet untuk buang air kecil (BAK) dan buang air besar (BAB) seperti orang dewasa. Namun, toilet training tidak begitu mudah untuk dilakukan. Melatih anak untuk toilet training merupakan hal yang membutuhkan banyak perhatian dan kesabaran orang tua.

Untuk membantu Moms & Dads, berikut ini adalah beberapa tips cara efektif untuk toilet training anak!

Usia Tepat Untuk Mulai Toilet Training

Setiap anak memiliki perkembangan yang berbeda-beda, sehingga usia tidak bisa dijadikan patokan anak siap toilet training. Namun pada umumnya, banyak anak biasanya siap untuk mulai menjalani toilet training antara usia 1,5 tahun hingga 3 tahun. Perlu diingat bahwa anak kecil tidak suka dipaksa. Jadi Moms & Dads tidak perlu terlalu memaksa anak toilet training ketika ia dibawah usia 2 tahun, ya!

Tanda Anak Siap Menjalani Toilet Training

Selain usia, Moms & Dads juga perlu perhatikan tanda-tanda bahwa anak sudah siap menjalankan toilet training. Beberapa tanda tersebut termasuk: 

  • Popok anak tetap kering saat bangun tidur atau setelah 1-2 jam pemakaian
  • Anak sudah bisa menunjukkan ekspresi saat menahan pipis atau BAB
  • Jam-jam anak buang air dapat diprediksi
  • Anak merasa tidak nyaman atau jijik dengan popok kotor dan ingin segera melepasnya

Tips Toilet Training Anak

Mengenalkannya Kepada Toilet

Cara pertama untuk toilet training anak adalah dengan memperkenalkannya pada konsep toilet. Penting untuk parents menjelaskan penggunaan toilet untuk BAK dan BAB dengan menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah untuk dimengerti. Salah satu cara efektif untuk memperkenalkan anak pada konsep toilet adalah dengan memberi mereka contoh terkait penggunaan toilet. Misalnya, Parents dapat ajak ‘si Kecil’ untuk ikut ke toilet saat Anda ingin BAK, lalu duduk di toilet sambil memberi anak penjelasan. 

Toilet Training Anak

Baca Juga: 5 Tips Cara Menyapih Anak Agar Berhenti Menyusu!

Hindari Memaksa Atau Menekan Anak

Penting sekali untuk parents hindari memaksa anak ketika ia mulai potty training. Hindari memberikan anak tekanan yang dapat membuatnya merasa stres atau cemas saat belajar menggunakan toilet. Setiap anak belajar untuk menggunakan toilet pada waktunya masing-masing, jadi jangan terlalu terburu untuk memaksa anak untuk dapat menggunakan toilet dengan cepat. Biarkan anak belajar untuk merasa terbiasa dengan menggunakan toilet. 

Pastikan Untuk Selalu Konsisten

Berikut, penting sekali untuk parents tetap konsisten saat toilet training anak. Jadikan kegiatan ke toilet menjadi sebuah rutinitas, seperti mengajak anak untuk duduk di toilet setiap malam atau setiap beberapa jam setelah ia selesai minum atau makan malam. Dengan melatih anak untuk menggunakan toilet secara konsisten, Moms & Dads membantunya meningkatkan keterampilan ‘si Kecil’ menggunakan toiletnya. Ingat, sikap konsisten merupakan kunci kesuksesan toilet training anak!

Demikian, itulah tips cara efektif untuk toilet training anak! Semoga membantu, parents!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri