• May 28, 2024

Tips Cara Optimalkan Tumbuh Kembang Anak!

 Tips Cara Optimalkan Tumbuh Kembang Anak!

Tips Cara Optimalkan Tumbuh Kembang Anak!

Menurut para ahli, usia 0 hingga 5 tahun merupakan fase golden age bagi anak. Pada fase ini, semua anak meresap segala informasi untuk merangsang saraf otaknya mulai dari kemampuan fisik, sosial, dan emosional si Kecil. Karena itu, fase ini merupakan fase yang sangat penting bagi anak balita untuk bertumbuh dan berkembang secara optimal. 

Untuk membantu Moms & Dads, berikut ini adalah tips cara optimalkan tumbuh kembang anak balita!

Kenali Tahapan Tumbuh Kembang Anak sesuai Usia

Penting sekali untuk orang tua kenali dan memahami tahapan perkembangan anak sesuai usianya. Setiap anak akan memiliki perkembangan fisik, kognitif, dan sosial-emosional pada waktunya sendiri, namun penting untuk parents pastikan bahwa anak tidak terlalu terlambat dalam mengembangkan semua skill tersebut. Contohnya, pada usia 2-3 tahun, banyak anak akan sudah mulai dapat berbicara menggunakan kalimat yang lebih kompleks dan akan dapat mengikuti perintah kompleks. Jika anak Mom & Dad masih belum dapat memenuhi skill ini pada usia 3 tahun, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli lainnya.

Penuhi Kebutuhan Gizi

Pemenuhan kebutuhan gizi pada anak sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak. Pastikan ‘si Kecil’ mencukupi kebutuhan gizinya dengan makanan yang kaya akan nutrisi seperti buah-buahan, sayuran, protein, biji-bijian, susu, dan lain. Selain itu, jangan ragu untuk beri anak balita suplemen vitamin tambahan jika dibutuhkan supaya tubuh ‘si Kecil’ tetap kuat. Tidak hanya tubuhnya, asupan nutrisi juga memiliki peran yang penting dalam membantu optimalkan pertumbuhan dan perkembangan otak anak.

Melakukan Stimulasi Dengan Tepat

Berikut, pastikan Moms & Dads sering memberikan stimulasi dengan tepat pada anak untuk membantu tumbuh kembangnya. Sering bicaralah dengan anak, bacakan cerita padanya, dan sering bermain permainan yang melibatkan imajinasi dan keterampilan motorik untuk membantunya mengembangkan kognitif dan motorik anak. Ini juga akan membantu anak menjadi lebih cerdas, kreatif, mandiri, dan membantu membangun kemampuan sosialnya hingga dewasa.

Tumbuh Kembang Anak

Baca Juga: Jangan Panik! Ini 5 Tips Cara Mengatasi Anak Tantrum!

Hindari Terlalu Banyak Screen Time

Banyak ahli menyarankan parents untuk hindari terlalu banyak screen time, terutama untuk anak balita di bawah usia 5 tahun. Terlalu banyak screen time dapat memengaruhi perkembangan kognitif anak sehingga membuatnya lebih mudah rewel dan susah berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang lain. Daripada membiarkan anak menghabiskan waktunya did depan televisi atau tablet, lebih baik untuk parents sering ajak ‘si Kecil’ untuk bermain dengan mainannya, membaca buku, atau melakukan kegiatan kreatif seperti menggambar atau mewarnai.

Luangkan Waktu Bersama Anak

Terakhir, penting sekali untuk parents sering luangkan waktu bersama anak dan sering memberinya perhatian dan kasih sayang. Ini tidak hanya dapat mendukung perkembangan kognitif anak, tapi juga akan membangun hubungan yang kuat antara anak dan parents. Jadwalkan waktu khusus untuk bermain, berbicara, dan melibatkan diri dalam kegiatan yang disukai anak. Ini akan membantu ‘si Kecil’ meningkatkan kemampuannya untuk bersosialisasi dan berkomunikasi.

Demikian, itulah tips cara optimalkan tumbuh kembang anak balita! Ingat bahwa setiap anak memiliki kebutuhan yang berbeda, jadi penting untuk parents sesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan anak sendiri. 

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri