• May 28, 2024

Tips Pola Asuh! Hindari 5 Frasa Ini Saat Bicara Pada Anak!

 Tips Pola Asuh! Hindari 5 Frasa Ini Saat Bicara Pada Anak!

Tips Pola Asuh! Hindari 5 Frasa Ini Saat Bicara Pada Anak!

Sebagai orangtua, bahasa yang Moms & Dads pakai menjadi hal yang sangat penting saat berbicara pada anak, terutama anak balita yang masih bertumbuh dan berkembang. Jika parents tidak waspada, pemilihan bahasa yang salah dapat membuat mental anak terganggu dan dapat mempengaruhi anak dalam jangka panjang. 

Karena itu, berikut ini adalah 5 frasa yang perlu dihindari Moms & Dads saat bicara pada anak balita!

Jangan Ganggu Mama/Papa!

Tentu saja wajar untuk Moms & Dads kadang sibuk dan tidak dapat bermain dengan ‘si Kecil’, namun penting untuk parents hindari mengatakan frasa ini. Menyatakan “jangan ganggu Mama/Papa” dapat membuat anak merasa tidak dihargai dan tidak penting, sehingga orang tua tidak punya waktu untuk mereka. 

Selain itu, beberapa peneliti telah menemukan bahwa penggunaan kata “jangan” merupakan cara yang kurang efektif dalam berbicara dengan anak balita. Daripada mengatakan “Jangan ganggu Mama” atau “Jangan ganggu Papa”, lebih baik untuk parents arahkan anak dengan cara yang lembut untuk melakukan aktivitas lain ketika parents sedang sibuk. Contohnya, “Sebentar ya, Mama sebentar lagi selesai tugas ini. Adik main saja sama bonekanya dulu, nanti Mama datang kok!”

Berhentilah Menangis

Sebaiknya, parents hindari meremehkan emosi anak dengan mengatakan frasa seperti “berhentilah menangis” atau “jangan lebay, masa segitu saja nangis?”. Penting untuk diingat bahwa anak masih belum tahu cara untuk mengungkapkan emosi mereka dengan baik, karena itu mereka sering menangis untuk rilis emosi frustrasi, kemarahan, dan kesedihan.

Lebih baik untuk parents berikan dukungan emosional pada anak saat mereka menangis. Contohnya, Moms & Dads dapat menyatakan “Mama mengerti, Adik sedih karena tidak mau pulang. Tapi sekarang sudah sore, kita bisa main lagi besok ya.

Bicara Pada Anak

Baca Juga: Parents Waspada! Ini 4 Dampak Negatif Memanjakan Anak!

Karena Mama/Papa Bilang Begitu

Lebih baik untuk parents hindari frasa ini saat bicara pada anak karena dapat membuat mereka frustrasi dan kesal. Ketika parents menerapkan aturan atau batasan, penting untuk memberi anak penjelasan yang lengkap agar mereka mengerti alasan dibelakang aturan tersebut. Contohnya, Moms & Dads dapat menyatakan pada anak: “Mama tahu kamu mau main dan loncat-loncat, tapi loncat di atas sofa itu berbahaya. Kamu bisa jatuh dan sakit, jadi tolong mainnya di lantai saja ya.

Itu Bukan Masalah Besar

Meskipun sesuatu tampaknya tidak merupakan masalah besar buat kita, penting untuk diingat bahwa anak balita memiliki emosi yang besar dan belum dapat dikelola dengan baik. Karena itu, lebih baik untuk parents hindari meremehkan masalah anak karena ini dapat membuat mereka merasa malu dan tidak didengar. Cobalah untuk memvalidasi perasaan anak dan membantu mereka untuk menemukan solusi yang tepat. 

Mengapa Kamu Tidak Seperti Kakakmu?

Saat bicara pada anak balita, penting sekali untuk parents hindari membandingkan mereka dengan orang lain, mau itu saudara ataupun anak lain. Membandingkan anak dapat membuat anak merasa kurang berharga dan merusak kepercayaan diri mereka. Parents butuh fokus pada keunikan dan potensi masing-masing anak, dan menghargai upaya dan prestasi mereka.

Demikian, itulah 5 frasa yang perlu dihindari parents saat bicara pada anak balita! Dengan berkomunikasi secara lebih positif dan efektif dengan anak, Moms & Dads akan dapat membangun hubungan yang lebih baik sehingga membantu mereka berkembang secara optimal.

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri