• May 28, 2024

Tips Untuk Mengalihkan Perhatian Anak Saat Tantrum!

 Tips Untuk Mengalihkan Perhatian Anak Saat Tantrum!

Tips Untuk Mengalihkan Perhatian Anak Saat Tantrum!

Saat anak balita mulai rewel dan tantrum, salah satu cara paling efektif untuk mengatasinya adalah dengan mengalihkan perhatiannya. Dengan mengalihkan perhatian anak, Moms & Dads dapat membantu anak mengalihkan emosinya agar ia tidak menjadi rewel, menangis, atau marah-marah. 

Namun, beberapa orangtua mungkin belum yakin dengan cara untuk mengalihkan perhatian anak sebelum ia mulai rewel. Untuk membantu, berikut ini adalah tips cara mengalihkan perhatian anak saat tantrum!

Mengalihkan Perhatian Dengan Mainan

Jika Moms & Dads melihat anak mulai rewel dan mulai tantrum, coba mengalihkan perhatian ‘si Kecil’ menggunakan mainan atau benda kesukaannya. Beri anak boneka kesukaannya, atau tarik perhatian anak terhadap aktivitas yang ia suka, seperti menyalakan lagu kesukaannya atau memberi dia buku gambar. Ini dapat memancing rasa kreativitas anak, dan mengalihkan emosi anak sehingga menjadi lebih positif.

Mengalihkan Perhatian Dengan Menunjukkan Sesuatu

Jika parents tidak dapat memberi anak mainan atau benda kesukaannya, cara lain untuk mengalihkan perhatian anak adalah dengan menunjukkan sesuatu yang dapat menarik perhatiannya. Contohnya, jika anak mulai rewel, coba menarik perhatiannya dengan menunjukkan pada hewan peliharaan, bunga, atau objek lainnya sambil menyatakan: “Lihat, Adik! Itu kucing lucu sekali ya! Adik suka kucing, kan?” Hal ini sangat membantu dalam mengalihkan fokus anak balita, terutama yang masih di bawah usia 2 tahun.

Mengalihkan Perhatian Anak Tantrum

Baca Juga: Parents, Inilah 5 Hal Yang Harus Dihindari Saat Anak Tantrum!

Hindari Mengalihkan Perhatian Dengan Screen Time

Walaupun memberi anak tablet atau handphone merupakan cara efektif untuk menenangkan tantrum anak, kami sarankan untuk hindari screen time sebagai cara untuk mengalihkan perhatian anak ya, parents! Ini karena screen time berlebihan dapat memiliki efek yang negatif pada perkembangan anak. Selain menghambat perkembangan bahasa dan keterampilan sosial anak, screen time berlebihan juga dapat membuat anak mengalami kesulitan dalam regulasi emosi mereka secara efektif. Ini membuat anak cenderung lebih mudah rewel dan marah. Screen time berlebihan juga dapat membuat anak balita kecanduan terhadap teknologi.

Menawarkan Alternatif atau Pilihan

Jika anak tantrum akibat merasa kesal karena tidak mendapatkan apa yang ia inginkan, salah satu cara efektif untuk mengalihkan perhatiannya adalah dengan menawarkan alternatif atau pilihan lain. Contohnya, jika anak mulai rewel karena tidak ingin ganti baju, coba beri anak kesempatan untuk memilih baju apa yang ia ingin pakai. Hal ini dapat membantu memberikan anak merasa seperti ia memiliki kontrol dalam kehidupannya, sehingga menenangkan emosinya dan mengalihkan tantrumnya.

Itulah beberapa tips cara mengalihkan perhatian anak saat tantrum! Jika anak Moms & Dads sering mengalami tantrum yang berlebihan, sehingga membuat parents merasa cemas, khawatir, dan frustrasi, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan psikolog anak ya!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri