• May 28, 2024

Usia Berapa Anak Perlu Diajarkan Toilet Training?

 Usia Berapa Anak Perlu Diajarkan Toilet Training?

Usia Berapa Anak Perlu Diajarkan Toilet Training?

Toilet training merupakan salah satu tahapan penting yang perlu dilalui oleh setiap anak. Parents butuh menerapkan toilet training agar membantu ‘si Kecil’ belajar untuk buang air kecil (BAK) dan buang air besar (BAB) di toilet agar ia tidak perlu lagi menggunakan popok. Namun, banyak orang tua sering kali bingung tentang kapan sebaiknya memulai toilet training pada anak mereka.

Nah, biasanya kapan ya usia tepat untuk mulai toilet training anak? Simak jawabannya di sini, parents!

Usia Ideal untuk Toilet Training

Tentunya, setiap anak memiliki perkembangan yang berbeda-beda. Namun pada umumnya, banyak anak akan siap menjalani toilet training ketika berusia 18 hingga 24 bulan. Beberapa ahli lain berpendapat bahwa sebaiknya menunggu sampai anak berusia antara 2 hingga 3 tahun. Namun, kembali lagi pada setiap anak individu dan perkembangan mereka. Banyak parents juga disarankan untuk hindari memulai latihan toilet training sebelum anak berusia 18 bulan karena banyak anak belum memiliki kesiapan fisik.

Tanda-tanda Kesiapan Toilet Training

Karena setiap anak memiliki perkembangan yang berbeda, setiap anak tentunya akan baru mulai toilet training pada usia yang berbeda. Karena itu, ada beberapa tanda-tanda lain selain usia yang dapat menunjukkan bahwa anak Moms & Dads siap untuk toilet training, termasuk:

  • Anak menunjukkan ketertarikan untuk menggunakan toilet atau celana dalam
  • Anak sudah mampu untuk memberi tahu ketika mereka sedang buang air kecil atau besar
  • Kesadaran tentang kebersihan dan ketidaknyamanan saat mengenakan popok basah atau kotor
  • Sudah punya jadwal buang air yang terprediksi

Usia Toilet Training Anak

Baca Juga: 5 Tips Cara Menyapih Anak Agar Berhenti Menyusu!

Tips untuk Sukses Toilet Training

Setelah menentukan bahwa anak Moms & Dads siap untuk memulai toilet training, berikut ini adalah tips agar toilet training ‘si Kecil’ sukses!

Persiapan: Pastikan parents sudah memiliki semua peralatan yang dibutuhkan untuk mulai toilet training. Ini termasuk toilet anak atau potty, celana dalam yang khusus untuk toilet training, dan beberapa buku cerita atau mainan yang terkait toilet training. 

Konsistensi: Parents juga butuh tetap konsisten dalam menjalani toilet training. Buatlah rutinitas yang konsisten, seperti membawa anak ke toilet pada waktu tertentu setiap hari dan memberikan pujian ketika ‘si Kecil’ berhasil menggunakan toilet atau potty.

Kesabaran: Penting untuk diingat bahwa toilet training bukanlah proses yang instan, dan setiap anak akan berkembang dengan kecepatan yang berbeda. Karena itu, parents butuh tetap sabar selama proses toilet training dan hindari memaksa atau memberikan tekanan berlebihan pada anak.

Demikian, itulah informasi seputar usia tepat untuk mulai toilet training anak dan beberapa tips agar sukses. Semoga membantu, parents!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri