• May 28, 2024

Wajib Tahu! Hindari 5 Hal Ini Dalam Mendidik Anak Balita!

 Wajib Tahu! Hindari 5 Hal Ini Dalam Mendidik Anak Balita!

Wajib Tahu! Hindari 5 Hal Ini Dalam Mendidik Anak Balita!

Mendidik anak balita memang tidak mudah. Tidak jarang, tantrum dan perilaku anak balita menguji kesabaran orangtua. Namun, sangat penting untuk mendidik ‘si Kecil’ dengan baik karena hal ini dapat membentuk kepribadiannya saat dewasa. Karena itu, penting untuk parents ketahui hal yang perlu perlu dihindari dalam mendidik anak balita agar mereka dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Untuk membantu Mom & Dad, berikut ini adalah 5 hal yang perlu dihindari saat mendidik anak balita!

Menawarkan Terlalu Banyak Bantuan

Meskipun penting untuk memberikan anak bantuan dan dukungan, terlalu banyak menawarkan bantuan dapat mempunyai dampak negatif pada kemandirian anak. Karena itu, kami sarankan parents untuk biarkan anak mencoba mengatasi masalah mereka secara sendiri. Ini dapat membantu membangun kemandirian anak sekaligus membangun rasa percaya diri. Contoh, jika anak menumpahkan minumannya, Moms & Dads jangan langsung terburu-buru membersihkannya. Cukup bilang pada anak, “Adik tidak sengaja menumpahkan minum ya? Kita harus apa sekarang? Ya, kita harus mengelapnya. Yuk, kita ambil lap dan mengelapnya.” Lalu biarkan anak belajar untuk mengelap secara sendiri.

Tidak Konsisten dengan Aturan

Konsistensi sangat penting dalam mendidik anak balita. Jika aturan terus berubah atau tidak konsisten, anak akan sulit memahami apa yang diharapkan dari mereka. Karena itu, kami sarankan parents untuk tetap konsisten dengan aturan yang telah diterapkan. Ini termasuk waktu tidur, kegiatan makan, dan perilaku yang diharapkan. Jika anak tantrum atau tidak ingin mengikuti aturan, Moms & Dads harus tetap tegas. Ini akan membantu anak memahami batasan dan membangun kebiasaan yang baik.

Mendidik Anak Balita

Baca Juga: Kenali 4 Jenis Parenting Style Dan Efeknya Pada Anak!

Adu Mulut dengan Anak

Saat berkomunikasi dengan anak balita, kami sarankan untuk menghindari adu mulut. Kami juga sarankan Moms & Dads untuk hindari meneriaki atau menggunakan kata kasar pada anak. Ingat bahwa usia balita adalah masa di mana ‘si Kecil’ akan pelajari dan mengimitasi apa saja yang dilihatnya dari orangtuanya. Karena itu, lebih baik untuk parents menggunakan pendekatan yang lembut dan arahkan perhatian anak ke perilaku yang diinginkan. Saat menerapkan aturan atau batasan, berikan ‘si Kecil’ penjelasan yang jelas dan mudah dimengerti, serta berikan pujian saat anak berperilaku baik.

Sering Membandingkan Anak

Membandingkan anak dengan anak lain atau bahkan dengan saudaranya sendiri dapat mempunyai dampak negatif pada harga diri dan perkembangan anak. Karena itu, kami sarankan parents untuk memberi anak pujian untuk usaha dan kekuatannya sendiri. Ini akan membantu anak merasa dihargai dan termotivasi untuk terus berkembang.

Sering Menggunakan Kata Larangan

Tentu saja anak balita akan sering melakukan hal yang tidak diinginkan orangtua. Namun, kami sarankan untuk hindari sering menggunakan kata-kata larangan seperti “berhenti,” “jangan,” dan “stop.” Kata-kata ini dapat membuat anak balita merasa tertekan dan frustasi. Selain itu, para ahli telah menemukan bahwa anak balita lebih sering mengikuti arahan yang diberikan dengan cara positif. Contoh, daripada mengatakan: “Jangan melempar bola di dalam rumah” lebih baik untuk mengatakan “Yuk, kita melempar bolanya di luar!

Itulah 5 hal yang perlu dihindari saat mendidik anak balita. Ingat, mendidik anak balita membutuhkan kesabaran dan pengertian. Namun, dengan mendidiknya yang baik, parents dapat menciptakan lingkungan yang positif untuk mendukung perkembangan anak.

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri